Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Pemerintah Kembangkan Kawasan Industri di Luar Jawa

Senin 10 Oct 2016 20:51 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Budi Raharjo

Pekerja pabrik (ilustrasi)

Pekerja pabrik (ilustrasi)

Foto: Republika/Darmawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian Airlangga Hartatarto mengatakan, kawasan industri sangat memegang peranan strategis sebagai penyebaran dan pemerataan industri di wilayah Indonesia. Saat ini, 50 dari total 54 kawasan industri (67 persen) terkonsentrasi di pulau Jawa.

"Sementara, 23 dari total 50 kawasan industri tersebut atau (46 persen) berlokasi di provinsi Jawa Barat,” kata Airlangga pada acara Jababeka Tenant Award 2016 di Cikarang, melalui siaran pers, Senin (10/10).

Untuk itu, Kemenperin tengah memfasilitasi pengembangan kawasan industri di luar Pulau Jawa yang diarahkan pada industri berbasis sumber daya alam dengan memanfaatkan lokasi geografi yang strategis. "Diharapkan, dengan adanya kawasan industri yang tumbuh di luar Pulau Jawa dapat menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru,” ungkap Airlangga.

Strategi pengembangan kawasan industri yang berlokasi di Pulau Jawa adalah dengan mendorong pembangunan kawasan industri baru untuk industri-industri yang berteknologi tinggi. Untuk kawasan industri yang sudah ada saat ini didorong untuk fokus pada pengembangan jenis industri tertentu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA