Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Selasa, 5 Syawwal 1439 / 19 Juni 2018

Kemenkop UKM akan Buat Gerakan Mahasiswa Wirausaha

Kamis 22 Februari 2018 09:45 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nur Aini

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga (tengah) berbicara saat mengelar refleksi akhir tahun2016 di kantor KemenkopUKM, Jakarta, Kamis (29\12)

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga (tengah) berbicara saat mengelar refleksi akhir tahun2016 di kantor KemenkopUKM, Jakarta, Kamis (29\12)

Foto: Tahta Aidilla/Republika
Gerakan Mahasiswa Wirausaha diluncurkan Maret 2018 di 9 provinsi.

REPUBLIKA.CO.ID, -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) dalam waktu dekat akan meluncurkan Gerakan Mahasiswa Wirausaha (GMW). Hal ini diharapkan mampu menumbuhkan wirausaha baru khususnya di kalangan mahasiswa.

"Gerakan Mahasiswa Wirausaha ini akan disosialisasikan Maret mendatang, bekerja sama dengan perguruan tinggi di sembilan provinsi," ujar Menkop UKM AAGN Puspayoga, saat menjadi Keynote Speech pada acara Indonesia Business Forum Viva Youth Festival di Univertas Padjajaran (21/2).

Sembilan provinsi tersebut antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barar, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Para mahasiswa di provinsi tersebut nantinya akan diberikan pelatihan dan keterampilan sesuai minat dan bakat yang dimiliki. Diharapkan dengan adanya gerakan ini, lulusan Perguuan Tinggi tidak hanya berkutat menjadi pegawai baik PNS maupun swasta, tetapi bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. "Bahkan sampai membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain," ujar dia.

Puspayoga optimistis, dengan tumbuhnya wirausaha baru di Perguruan Tinggi akan menambah rasio kewirausahaan secara nasional. Saat ini, rasio kewirausahaan Indonesia mencapai 3,1 persen pada 2016. "Itu memang menggembirakan, karena pada 2014 rasionya masih di 1,55 persen. Namun kita ingin lebih tinggi lagi," ujarnya.

Sehingga bukan mustahil bagi Indonesia untuk mengejar dan menyamai rasio kewirausahaan Malaysia yang kini berkisar 5 persen. "Saya optimis akan tercapai pada 2019 mendatang," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Belgia Menang Atas Panama 3-0

Selasa , 19 Juni 2018, 00:22 WIB