Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Ini Cara Daftar Mudik Motor Gratis Lebaran 2018

Senin 12 February 2018 20:12 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Sepeda motor program mudik motor gratis Kementerian Perhubungan tiba di Pergudangan Terpadu, Kampung Bandan, Jakarta, Ahad (2/7).

Sepeda motor program mudik motor gratis Kementerian Perhubungan tiba di Pergudangan Terpadu, Kampung Bandan, Jakarta, Ahad (2/7).

Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Masa angkutan motor gratis 2018 akan dilaksanakan selama 13 hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka kembali pendaftaran angkutan motor gratis untuk mudik dan balik Lebaran 2018 menggunakan kereta api. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut Kemenhub memiliki dua cara pendaftaran yang dibuka selama 9 Februari 2018 sampai 24 Juni 2018.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan pendaftaran bisa dilakukan melalui online di mudikgratis.dephub.go.id. Lalu cara kedua bisa mendaftar langsung di stasiun-stasiun kereta api yang ditentukan.

"Pendaftaran angkutan motor gratis 2018 dilaksanakan di 13 stasiun," kata Zulfikri dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Senin (12/2).

Stasiun tersebut yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, dan Stasiun Bogor. Sisanya di Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong.

Dia mengatakan, angkutan motor Gratis 2018 terbagi atas tiga lintas pelayanan. "Nanti akan ada pemberangkatan untuk lintas utara, selatan satu, dan selatan dua," ujar Zulfikri.

Untuk rute lintas Utara akan melalui Stasiun (Sta) Jakarta Gudang-Sta. Cikarang-Sta. Cirebon Prujakan-Sta. Tegal-Sta. Pekalongan-Sta. Semarang Tawang-Sta. Ngrombo -Sta. Cepu-Sta. Bojonegoro-Sta. Babat - Sta Surabaya Pasarturi.

Lalu untuk rute lintas selatan satu akan melewati Sta. Jakarta Gudang-Sta. Cikarang-Sta. Cimahi-Sta. Sta. Kiaracondong-Sta. Tasikmalaya-Sta. Banjar-Sta. Sidareja-Sta. Maos-Sta. Kroya-Sta. Gombong-Sta. Kebumen-Sta. Kutoarjo.

Lintasan terakhir yaitu selatan dua akan melewati Sta Jakarta Gudang-Sta. Cikarang-Sta. Cirebon Prujakan-Sta. Purwokerto-Sta. Kroya-Sta. Kutoarjo-Sta. Lempuyangan-Sta. Klaten-Sta. Purwosari-Sta. Madiun-Sta. Kertosono-Sta. Kediri-St. Tulungagung-Sta. Blitar.

Zulfikri menjelaskan, kereta api yang akan dioperasikan untuk mengangkut sepeda motor peserta terdiri atas delapan gerbong. "Masing-masing gerbong berkapasitas 58 motor, dengan kapasitas angkut satu rangkaian kereta api barang sebanyak 464 motor," ungkap Zulfikri.

Masing-masing lintas layanan akan dioperasikan satu rangkaian keteta api barang, dengan total kapasitas angkut dalam satu hari sebanyak 1.392 sepeda motor. Sehingga, lanjut dia, selama penyelenggaraan angkutan motor gratis 2018 berlangsung selama 13 hari, kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut sebanyak 18.096 sepeda motor.

Ketentuan motor yang didaftarkan untuk angkutan motor gratis 2018 yaitu satu motor dengan kapasitas maksimal 150 cc. "Tidak boleh dimodifikasi, kecuali motor untuk difabel, pendaftar harus memiliki KTP, SIM dan STNK," tutur Zulfikri.

Masa angkutan motor gratis 2018 akan dilaksanakan selama 13 hari. Untuk arus mudik dilaksanakan pada 8-13 Juni 2018 dan arus balik selama tujuh hari pada 19-25 Juni 2018.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pentas Seniman Bandung Peduli Lombok

Selasa , 14 August 2018, 23:59 WIB