Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Luhut Minta Susi tak Lagi Tenggelamkan Kapal Ikan

Senin 08 Jan 2018 18:58 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya

Menko Maritim dan Sumber Daya Luhut Pandjaitan (kiri) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan).

Menko Maritim dan Sumber Daya Luhut Pandjaitan (kiri) dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kanan).

Foto: Antara/ Widodo S. Jusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tahun ini pihaknya sudah meminta kepada Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti untuk menghentikan aksi penenggalaman kapal. Ia menilai, langkah tersebut sudah cukup dilakukan pada tiga tahun terakhir ini.

Saat ini kata Luhut yang perlu dioptimalkan adalah soal meningkatkan produksi ikan nasional. Ia menilai, selama ini penenggelaman kapal sudah berjalan dengan baik namun dari sisi pengelolaan dan meningkatkan nilai tambah perikanan belum maksimal.

"Tidak ada lagi penenggalaman tahun ini. Cukuplah itu. Fokus sekarang adalah meningkatkan produksi agar ekspor naik," ujar Luhut di Kantornya, Senin (8/1).

Luhut juga menjelaskan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Susi mengenai hal ini. Luhut mengatakan, kedepan KKP perlu meningkatkan produksi dengan memperbaiki kualitas tangkap.

Selain itu, menurut Luhut potensi ikan nasional bisa dimanfaatkan dengan membuat industri dari hulu ke hilir. "Jadi bukan lagi pengalengan, atau ditangkap lalu dikirim saja. Bisa sampai pada pengolahan. Atau frozen, jadi kirim langsung ke negara negara tujuan," tambah Luhut.

Kedepan ia berharap Susi punya konsep yang bisa meningkatkan kualitas dan produksi ikan nasional. "Biar kita liat apa yang dibuat bu susi kedepan," ujar Luhut.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA