Rabu, 9 Muharram 1440 / 19 September 2018

Rabu, 9 Muharram 1440 / 19 September 2018

Pesta Blogger 2010 'Plus-plus' Siap Dihelat

Kamis 19 Agustus 2010 00:18 WIB

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Ketua Panitia Pesta Blogger 2010+, Irayani Queencyputri (kanan) bersama Deputi Duta Besar AS, Ted Osius, dalam acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (18/8/2010).

Ketua Panitia Pesta Blogger 2010+, Irayani Queencyputri (kanan) bersama Deputi Duta Besar AS, Ted Osius, dalam acara jumpa pers di Jakarta, Rabu (18/8/2010).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Sukses melaksanakan Pesta Blogger 2008 dan 2009, ajang 'kopi darat' blogger seantero Indonesia ini bakal kembali digelar 30 Oktober mendatang. Berbeda dengan dua perhelatan sebelumnya, pesta blogger 2010 +, demikian nama baru pesta Blogger 2010, karena tidak hanya diperuntukan blogger tapi juga penggiat media sosial seperti Kaskus, Twitter dan Facebook.

Ketua Panitia Pesta Blogger 2010+, Irayani Queencyputri, menuturkan perkembangan ragam media sosial di Indonesia setahun belakangan ini sangat pesat. Karena itu, tema keberagaman akan menjadi tema pesta blogger tahun ini.

"Ajang ini hendak merayakan keragaman platform media sosial yang ada, juga ragam ketertarikan dari masing-masing penggiat dunia online dan komunitas online yang beragam," ungkapnya di acara jumpa pers, Jakarta, Rabu, (18/7).

Ia menambahkan pertemuan ini diharapkan mampu merangkul komunitas dengan ragam pemikiran, dan pada akhirnya bisa mendorong perubahan yang lebih baik bagi Indonesia."Semangat pesta blogger plus tetaplah sama, merayakan dan merangkul berbagai komunitas online yang berbeda, berkumpul bersama dan menyaksikan hal-hal hebat yang akan muncul di saat orang-orang kreatif di dunia online berkumpul secara offline," ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Duta Besar AS untuk Indonesia, Ted Osius mengatakan media sosial dan blog adalah salah satu alat untuk menyuarakan kebebasan berekspresi. Sebab itu, Kedutaan Besar AS untuk Indonesia secara konsisten mendukung penuh keberadaan pesta blogger.

"Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan komunitas online tercepat di dunia, disamping itu Indonesia juga salah satu negara dengan kebebasan berpendapat terbaik. Pesta blogger memperkuat dua fakta itu," kata dia.

Sebelumnya, ragam acara pendahuluan Pesta Blogger 2010 + telah dimulai. Salah satunya, acara yang melibatkan 120 blogger dari lampung, Jakarta, Bandung, Yogya, Malang dan Surabaya. Melalui perjalanan darat, blogger tersebut berkumpul di Semarang, 6-7 Agustus lalu.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan Blogging Workshop ke 10 kota di Indonesia bersama Kedutaan Besar AS untuk Indonesia di Jakarta. Kota yang bakal dikunjungi adalah Makassar, Padang, Manado, Pontianak, Banjarmasin, Aceh, Medan, Surabaya, Madura dan Yogyakarta. Workshop ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat memanfaatkan media online.

Sebagai informasi, pengguna internet di Indonesia, pada 2010, sudah mencapai 40 juta pengguna. Satu juta dari pengguna Internet merupakan blogger. Meningkatnya, jumlah blogger tanah air berdampak pada pempatan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ketiga terbanyak yang digunakan di dunia. Blogger tanah air, dari tahun ke tahun telah menunjukan pengaruh yang besar dalam membentuk persepsi publik.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA