Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Thursday, 23 Zulhijjah 1441 / 13 August 2020

Perhutani Jateng akan Sediakan Lahan untuk Pemuda Bertani

Ahad 23 Apr 2017 17:49 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nur Aini

Seorang petani menyiram lahan pertaniannya. (ilustrasi)

Seorang petani menyiram lahan pertaniannya. (ilustrasi)

Foto: Antara/Wahyu Putro A

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Perhutani akan memberikan lahan guna mendukung upaya Gempita Kementerian Pertanian meregenerasi petani Jawa Tengah. Lahan itu khususnya menyasar Pemuda Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Kepala Divisi Regional I Perhutani Jawa Tengah Adhi Pradana mengatakan, pemanfaatan lahan Perhutani tersebut merupakan bentuk dukungan nyata pihaknya atas upaya pemerintah mensejahterahkan masyarakat desa hutan.

"Ini sudah komitmen dari kami pimpinan Perhutani," ujarnya kepada Republika.co.id melalui siaran resmi, Ahad (23/4).

Menurutnya, bukan hanya mencapai swasembada pangan, tapi dengan dukungan penyediaan lahan yang luas dari pihaknya akan memberi dampak ekonomi yang luas. Ia mengatakan, dengan sokongan lahan yang diberikan Perhutani ini, setidaknya setiap pemuda bisa mengelola 5-10 hektare lahan. Hal tersebut akan memberi nilai ekonomis yang berdampak pada peningkatan akademik dan kesejahteraan keluarga, pemerintah, dan Perhutani.

Gempita merupakan program yang diluncurkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk mendorong akses generasi muda terjun ke pertanian. Pemerintah ingin membuktikan keyakinannya jika sektor pertanian efektif mengentaskan kemiskinan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA