Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Mentan Berharap Kutai Kartanegra Jadi Produsen Padi

Rabu 03 Aug 2016 07:18 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman

Foto: Humas Kementan

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Menteri Pertanian Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman mengharapkan Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi produsen padi terbesar di Kalimantan Timur. "Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki lahan yang luas dan dilintasi Sungai Mahakam yang mengalir sepanjang tahun. Sehingga memiliki potensi penghasil padi terbesar di Kaltim," ujar Amran Sulaiman, saat berkunjung ke lahan pertanian di Kelurahan Bukit Biru Tenggarong, Kutai Kartanegara, Selasa (2/8).

Saat ini Amran mengatakan Kaltim menjadi perhatian Kementrian Pertanian karena merupakan provinsi yang masih mendatangkan beras dari daerah lain. Sehingga menurutnya, kabupaten/kota di Kaltim diharapkan dapat meningkatkan produksi padi sendiri.

Untuk menaikkan produksi padi Amran mengatakan yang harus dilakukan di antaranya menambah frekuensi tanam atau panen. Jika tadinya hanya mampu panen sekali dalam setahun, maka ditingkatkan menjadi dua kali. "Tingkatkan produksi padi yang tadinya hanya setahun sekali, menjadi dua kali," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Amran memberikan bantuan berupa peralatan pertanian untuk meningkatkan produksi pertanian. Bantuan diterima secara simbolis oleh perwakilan petani.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA