Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Jokowi Minta Perusahaan Rusia Gandeng BUMN RI

Jumat 08 Jan 2016 14:50 WIB

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Nur Aini

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution

Foto: Republika.co.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menyarankan, perusahaan Rusia yang akan berbisnis di Indonesia melakukan kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, perusahaan Rusia yang ingin berbisnis di Indonesia disarankan Presiden bekerja sama dengan BUMN. Tujuannya, agar perkembangan usaha semakin cepat.

Menurut Darmin, Rusia meminta investasi mereka di Indonesia diperlancar. Usaha-usaha tersebut ada yang sudah dimulai tetapi ada juga yang baru direncanakan.

Dia mencontohkan, Rusia meminta izin kereta spesial untuk perizinan kereta api mereka di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Sebetulnya, sudah diberikan izin untuk kereta khusus tapi mereka meminta izin yang lebih spesial lagi untuk mengangkut ragam jenis yang diangkut.

Selain itu, perusahaan Rusia meminta masalah pajak diselesaikan. ''Ada masalah teknis juga persoalan pajak dari persoalan pajak dengan perusahaan tertentu,'' ujarnya seusai menemani Presiden menerima Menteri Perdagangan Rusia, Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/1).

Rusia, kata dia, juga menyampaikan memiliki keinginan untuk membangun smelter untuk alumina dan bauksit di Kalimantan Barat. Namun, dia mempersilakan pihak Rusia untuk berjuang memenangkan tender karena proses seleksi dan tender masih berjalan.

Rusia juga menawarkan teknologi mutakhir untuk mengolah nikel menjadi feronikel. Darmin menuturkan, Rusia juga menawarkan kerja sama dalam bidang pesawat sipil kepada PT DI dan PT Garuda Indonesia.

Selain itu, perusahaan Rusia tertarik dan berharap didukung untuk berbisnis galangan kapal di Indonesia dan bisnis farmasi.

Baca juga: Temui Jokowi, Menteri Perdagangan Rusia Sampaikan Surat dari Putin

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA