Friday, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 December 2018

Friday, 7 Rabiul Akhir 1440 / 14 December 2018

Program CSR Perusahaan Dongkrak Kepercayaan Konsumen

Senin 13 Apr 2015 08:53 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indah Wulandari

Sampul depan buku Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR.

Sampul depan buku Efek Kedermawanan Pebisnis dan CSR.

Foto: analisadaily.com

REPUBLIKA.CO.ID,CHICAGO -- Studi baru dalam Journal of Consumer Research, University of Chicago menyebutkan bahwa program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) memengaruhi kepercayaan konsumen akan produk yang berkualitas baik.

"Tanggung jawab sosial perusahaan dapat menyebabkan konsumen percaya bahwa produk-produk perusahaan yang melakukan kegiatan, seperti amal atau gerakan sosial lebih baik," kata penulis Alexander Chernev dilansir dari Science Daily, Senin (13/4).

Dalam empat penelitian, penulis menguji dampak tanggung jawab sosial perusahaan terhadap persepsi konsumen pada kualitas produk.

Dalam satu studi, konsumen diberikan anggur merah, dan mereka semakin menikmatinya ketika diberi tahu bahwa perusahaan yang memproduksi anggur merek tersebut menyisihkan sebagian penjualan dalam bentuk sumbangan amal untuk American Heart Association.

Dalam penelitian lain, konsumen menaruh persepsi lebih tinggi terhadap berbagai produk, seperti sepatu lari, pasta gigi, dan produk perawatan rambut rontok setelah mengetahui perusahaan tersebut menyumbangkan penjualannya untuk amal.

Peneliti menyimpulkan bahwa iklan mungkin bukan pendekatan terbaik bagi perusahaan untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang kegiatan amal mereka. Justru, media sosial dan public relation yang lebih efektif dalam meyakinkan konsumen tentang aksi amal perusahaan.

Hasil penelitian di atas jelas membantah pandangan populer di kalangan banyak eksekutif bahwa tanggung jawab sosial perusahaan tidak mungkin memberikan keuntungan banyak untuk perusahaan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa selain menguntungkan masyarakat, tanggung jawab sosial perusahaan berkontribusi untuk perusahaan dengan cara meningkatkan evaluasi konsumen dan produk mereka.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Ketua TKN Buka Kegiatan Kamis Kerja

Kamis , 13 Dec 2018, 21:31 WIB