Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Monday, 19 Zulqaidah 1440 / 22 July 2019

Menteri ESDM: 2017, Blok Mahakam akan Diteruskan Pertamina

Rabu 28 Jan 2015 23:40 WIB

Red: Karta Raharja Ucu

Menteri ESDM Sudirman Said

Menteri ESDM Sudirman Said

Foto: Antara/Widodo S. Jusuf

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, pengelolaan Blok Mahakam setelah 2017 akan diteruskan PT Pertamina (Persero).

"Soal Blok Mahakam, sudah sering disampaikan kecenderungannya bahwa Pertamina akan teruskan blok ini," katanya di Jakarta, Rabu (28/1).

Ia mengatakan, pemerintah juga sudah memfasilitasi pertemuan antara Pertamina dengan pengelola saat ini, Total E&P Indonesie. "Tujuannya, agar Pertamina bersiap sekaligus transfer informasi," ujarnya.

Sudirman meminta, Pertamina proaktif dan menyiapkan diri termasuk ketersediaan pendanaan. Pemerintah, kata dia, juga memberikan kesempatan pemda ikut serta. "Kami sudah bertemu pemda dan DPRD. Intinya, ingin fasilitasi agar pemda punya partisipasi di sana," katanya.

Namun, Sudirman ingin agar pemda tidak menjadi alat bagi kepentingan swasta. "Jadi, harus punya kemampuan keuangan juga," ujarnya.

Di luar itu, menurut Sudirman, pertukaran aset antara Pertamina dan Total juga bisa menjadi opsi. Saat ini, Pertamina sedang menyiapkan proposal pengelolaan Blok Mahakam pasca-2017. Pertamina sudah menyatakan kesiapan mengelola 100 persen Blok Mahakam. Pemerintah berharap Pertamina sudah bisa menyampaikan proposal pada Januari 2015 untuk kemudian diputuskan pada Februari 2015.

Perusahaan migas asal Perancis, Total sebagai operator Mahakam, menguasai 50 persen hak partisipasi.

Sementara, sisanya dimiliki Inpex Corporation asal Jepang. Kontrak kerja sama Mahakam dengan Total akan berakhir pada 2017 setelah berjalan 50 tahun.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA