Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Tuesday, 23 Safar 1441 / 22 October 2019

Dua Hari Jadi Menteri, Susi Sudah Buat Terobosan

Selasa 28 Oct 2014 13:41 WIB

Rep: Agus Raharjo/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Foto: AP Photo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Baru beberapa hari menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti langsung melakukan terobosan. Susi akan membuka data kepemilikan kapal yang ada di Indonesia.

Langkah ini sebagai upaya untuk membuat transparansi kepemilikan kapal di Indonesia. Susi sudah memerintahkan jajarannya untuk segera mendata seluruh kapal yang ada di Indonesia. Baik kapal yang dikeluarkan oleh PKP, asing, maupun kapal milik warga Indonesia buatan asing.

"Saya baru Jumat besok dapat data-data jumlah kapal yang ada di Indonesia,"kata Susi pada wartawan di Jakarta, Selasa (28/10).

Setelah data kepemilikan kapal didapatkan, maka Menteri Kelautan dan Perikanan akan membuka data tersebut untuk publik. Agar masyarakat juga mengetahui jumlah dan kepemilikan kapal yang ada di Indonesia. Ini menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan. Sebab, dari data tersebut, akan lebih mengenali kapal pencuri kekayaan laut di Indonesia.

Susi menambahkan, saat ini pihaknya memang tengah memilah persoalan kelautan secara menyeluruh. Dengan memilah persoalan yang dihadapi oleh kelautan Indonesia, Susi mengungkapkan akan lebih mudah menyelesaikan persoalan. Mana yang bisa diselesaikan dengan cepat dan mana yang butuh waktu lama.

"Intinya kita mau perbaiki, bahwa 70 persen dari wilayah laut kita ini menjadi andalan yang luar biasa," tambah Susi.

Susi mengaku sudah mulai bekerja di kantornya Kementerian Kelautan dan Perikanan. Menurutnya banyak yang harus dibenahi dan banyak pekerjaan menanti di sektor kelautan Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA