Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Indonesia Masuk 10 Besar Ekonomi Dunia

Ahad 04 May 2014 16:45 WIB

Rep: Esthi Maharani/ Red: Fernan Rahadi

Ekonom Utama perwakilan Bank Dunia, Jim Brumby memberikan paparan terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia, Jakarta, Selasa (18/3).

Ekonom Utama perwakilan Bank Dunia, Jim Brumby memberikan paparan terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia, Jakarta, Selasa (18/3).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Dunia telah menempatkan Indonesia pada peringkat ke-10 dunia. Hal tersebut didasarkan dari Gross Domestic Product (GDP).‬

‪"Saya dapat berita dari Menteri Keuangan bahwa World Bank sudah menetapkan peringkat ekonomi sedunia berdasarkan GDP (Produk Domestik Bruto) dan purchasing power imparity (tingkat daya beli), Indonesia ditetapkan sebagai ekonomi nomor 10 di dunia," kata Presiden SBY, kemarin.

Ia menjelaskan dari ukuran GDP, Indonesia menempati peringkat 10 dengan share 2,3 persen dari total GDP dunia. Pencapaian tersebut melampauii banyak negara besar.

Presiden juga menyebutkan, sembilan negara yang berada di peringkat teratas adalah  Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, India, Jepang, Jerman, Rusia, Brasil, Prancis, dan Inggris.‬

‪"Tentu ini awal yang baik, tapi masih panjang perjalanan kita, masih banyak masalah yang harus diatasi," katanya.

Karena itu, ia meminta agar Indonesia tidak menyia-nyiakan momentum kebangkitan Indonesia ini dengan bekerja lebih keras lagi. Menurutnya, Indonesia harus sungguh bersatu agar makin maju.

"Ke depan, marilah terus kita bangun ekonomi kita secara adil dan berkelanjutan, agar seluruh rakyat Indonesia lebih sejahtera lagi. Ke depan juga, persaingan global makin keras.  rakyat memerlukan pemimpin yang punya visi dan pikiran besar, serta mau bekerja keras," katanya.

Untuk diketahui, pada tahun 2013 lalu, posisi Indonesia masih berada di peringkat ke-16.‬

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA