Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Tol Layang Japek Beroperasi Mulai Pekan Kedua Desember 2019

Senin 02 Dec 2019 18:43 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

Pekerja menyelesaikan konstruksi jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek). Tol ini rencananya sudah bisa digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Pekerja menyelesaikan konstruksi jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek). Tol ini rencananya sudah bisa digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Kementerian PUPR menargetkan tol Japek bisa digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) dapat digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tol tersebut segera beroperasi dalam waktu dekat pada Desember 2019.

"Tol layang Japek //Insya Allah// diresmikan pada minggu kedua Desember 2019," kata Basuki saat rapat kerja membahas kesiapan infrastruktur untuk Natal dan Tahun Baru 2019/2020 dengan Komisi V DPR, Senin (2/11).

Basuki memastikan Tol Layang Japek juga akan dioperasikan secara gratis terlebih dahulu. Hanya saja rencana tersebut dimungkinkan dapat diterapkan selama musim libur Natal dan Tahun Baru 2019/2020.

Sebelumnya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan Tol Layang Japek dalam proses uji laik fungsi. Tol Layang Japek membentang dari Cikunir hingga Karawang Barat sepanjang 36,4 kilometer. Jalan tol tersebut akan menambah kapasitas Tol Japek yang ada di bawahnya serta memisahkan antara arus lalu lintas jarak pendek dengan arus lalin jarak jauh.

Danang mengatakan kendaraan tujuan jarak pendek akan menggunakan Tol Japek. Sementara itu kendaraan tujuan jarak jauh terutama golongan I dan II menggunakan Tol Layang Japek.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA