Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Minggu, 18 Zulqaidah 1440 / 21 Juli 2019

Kirab Budaya Meriahkan Rapimnas Kadin di Solo

Senin 26 Nov 2018 18:15 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Ketua Kadin Indonesia (kedua dari kiri) Rosan P Roeslani memberikan penjelasan kepada wartawan mengenai kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia 2018 yang diselenggarakan di Solo pada Senin-Rabu (26-28/11), di acara konferensi pers di Hotel Alila Solo, Senin (26/11).

Ketua Kadin Indonesia (kedua dari kiri) Rosan P Roeslani memberikan penjelasan kepada wartawan mengenai kegiatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin Indonesia 2018 yang diselenggarakan di Solo pada Senin-Rabu (26-28/11), di acara konferensi pers di Hotel Alila Solo, Senin (26/11).

Foto: Republika/Binti sholikah
Disiapkan 50 kereta kencana untuk mendukung gelaran kirab budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Gelaran Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2018 di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin-Rabu (26-28/11), akan dimeriahkan dengan serangkaian kegiatan budaya khas Kota Bengawan.

Di antaranya pameran Batikvaganza yang akan digelar selama tiga hari, mulai dari 26-28 November 2018 pukul 09.00-21.00 WIB di Hotel Alila Solo, serta Kirab Budaya Kadin Indonesia pada Selasa (27/11) sore.

Rapimnas Kadin 2018 mengusung tema Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan. Ketua Kadin Kota Solo, Gareng S Haryanto, mengatakan pameran Batikvaganza menampilkan berbagai kreasi batik terkini dari berbagai daerah di Indonesia.

Sedikitnya 57 stan Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan Kadin ikut memeriahkan Batikvaganza. Bahkan produsen tekstil industri besar juga turut ambil bagian, antara lain PT Sritex, Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Riana Kesuma, Batik Mayaratna, Mustika Ratu, dan lainnya.

Selain produk batik, pameran juga memamerkan berbagai komoditas produk UKM unggulan daerah di antaranya ada yang sudah berorientasi ekspor.  "Batikvaganza merupakan bentuk konsistensi komitmen Kadin untuk mengembangkan UMKM, utamanya dalam hal ini batik sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi," kata Gareng, dalam konferensi pers di Hotel Alila Solo, Senin (26/11).

Ditambahkan, Kadin mengajak para pelaku terkait untuk bersama-sama mendukung UMKM agar bisa terus maju dengan memberikan fasilitas permodalan, pelatihan SDM, dan akses pasar yang lebih besar.

Sementara kegiatan kirab budaya akan dilaksanakan Selasa (27/11) pukul 14.30 -17.30 WIB setelah acara rapimnas resmi dibuka. Kirab mengambil rute dari Stadion Sriwedari melewati Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Solo.

Panitia dan pemerintah daerah telah menyiapkan 50 kereta kencana untuk mendukung gelaran kirab budaya. Selain itu, juga disediakan panggung di depan Kantor Bank Indonesia. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan welcoming dinner para peserta Rapimnas Kadin yang diterima langsung oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Pendhapi Gede Balai Kota Solo.

Welcoming dinner akan dimeriahkan oleh penyanyi Katon Bagaskara dan tur Kota Solo. Ketua Kadin Jawa Tengah, Kukrit Suryo Wicaksono, mengatakan, kegiatan Rapimnas yang diselenggarakan di Jawa Tengah menjadi kehormatan luar biasa.

"Karena, sejak Kadin Jawa Tengah berdiri, baru kali ini ditunjuk oleh Kadin Indonesia untuk menjadi tuan rumah kegiatan nasional yang rencananya dihadiri Presiden," ujarnya.

Kukrit menambahkan, kegiatan pendukung Rapimnas seperti Batikvaganza akan memamerkan batik dari seluruh Indonesia. "Tujuannya agar kita mencintai dan memakai produk-produk unggulan dalam negeri," ujarnya.

Sedangkan acara Kirab Budaya Kadin Indonesia diklaim menjadi yang pertama kali diadakan di Indonesia. Seluruh perserta yang hadir dari Kadin Indonesia, Kadin provinsi, dan Kadin kabulaten/kota akan dikirab dari Stadion Sriwedari menuju Balai Kota.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA