Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Jadi Wanita Karier Sukses Itu Ada Caranya, Apa Saja?

Ahad 21 Oct 2018 04:16 WIB

Red: Budi Raharjo

Wanita Karier (ilustrasi)

Wanita Karier (ilustrasi)

Anda harus yakin terhadap kemampuan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, Agar Anda bisa menjadi seseorang wanita yang sukses dalam karier, Anda tentu harus tahu cara yang tepat untuk mewujudkannya. Maka, harus punya cara yang jitu untuk meraihnya.

Tak sedikit orang sudah melakukan usaha yang keras agar karier mereka sukses. Akan tetapi, tidak ada hasil yang memuaskan pada akhirnya. Tentu saja, ada banyak faktor yang memengaruhinya.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara mudah menjadi wanita karier yang sukses.

1. Tanamkan Selalu Semangat Bekerja

Jangan melakukan segala sesuatu dengan terpaksa. Anda harus senantiasa menyelipkan rasa semangat dalam segala hal, terutama saat bekerja agar karier sukses.

Lakukan dengan sepenuh hati dan cintai apa yang menjadi pilihan pekerjaan Anda. Dengan semangat yang terus terjaga, maka semua pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

2. Punya Waktu untuk Diri Sendiri (Me time)

Memiliki waktu untuk diri sendiri alias memanjakan diri sesekali itu penting. Agar beban pekerjaan yang melelahkan bisa hilang setelah melakukan aktifitas sehari-hari. Apalagi bila Anda sudah cukup lelah dengan rutinitas tersebut.

Anda harus memberi penghargaan terhadap diri Anda atas pencapaian dan usaha keras yang sudah dilakukannya. Nikmatilah secangkir teh atau kopi kesukaanmu dan ciptakanlah suasana yang nyaman.

Pastikan bahwa tidak ada yang mengganggu Anda saat sedang me time. Jangan terlalu terfokus pada target pekerjaan, akan tetapi siapkan juga diri Anda untuk melakukan tahap selanjutnya dalam pekerjaan.

3. Kerjakan dengan Maksimal, Tidak Harus Sempurna

Kesempurnaan tidak akan hadir di pekerjaan siapapun, kecuali pada mereka yang dengan cepat merasa puas dan tidak ingin lagi berkembang. Berhubung Anda ingin sukses dalam berkarier, Anda tentu harus melakukan perbaikan-perbaikan atas kinerja Anda.

Jangan pernah mengharap pekerjaan Anda selesai dengan sempurna. Daripada begitu, lebih baik Anda mengerjakan dengan maksimal, biarkan atasan yang menilai hasil kerja Anda.

Jangan membandingkan kinerja Anda kepada orang lain dengan tujuan “iri” dan “harus” seperti mereka, karena sejatinya setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing. Dengan begitu, Anda tidak akan bisa meniru orang lain dengan total.

4. Risiko adalah Pelajaran, Bukan hal yang Harus Dihindari

Beberapa orang lebih memilih untuk tidak melakukan suatu pekerjaan daripada harus menanggung risiko yang mungkin terjadi di masa mendatang. Hal ini sebenarnya hanya akan membatasi kemampuan orang tersebut.

Oleh karena itu, beranilah untuk memutuskan sesuatu yang besar dan terimalah risikonya. Segala sesuatu pasti memiliki risikonya masing-masing, tergantung bagaimana Anda menjalankannya, sehingga bisa mengelola risiko tersebut dengan baik.

5. Terima Kegagalan tapi Jangan Menyerah

Ketika Anda gagal dalam sebuah proyek, terimalah kenyataan tersebut dan berdamailah dengan hal itu. Pun demikian, jangan pernah menyerah.

Jangan terus-menerus menyalahkan diri sendiri, apalagi atasan dan rekan kerja Anda juga sedang merendahkan hasil kerja Anda. Teruslah belajar agar kegagalan yang sama tidak terulang kembali.

Mungkin Anda gagal karena kurangnya persiapan, sementara sudah banyak pengeluaran yang Anda keluarkan. Sehingga ketika Anda gagal, rasa stres secara otomatis datang. Akan tetapi, jika Anda terus-menerus berhenti di titik “menyalahkan diri sendiri”, kapan Anda melakukan pebaikan?

6. Jangan Lupa Jaga Kesehatan

Jagalah pola hidup Anda dengan berolahraga dan menjaga pola makan Anda. Jangan karena pekerjaan, Anda sampai lupa makan. Tidak ada gunanya Anda mencapai target perusahaan jika Anda tidak bisa mencapai target standar kesehatan bagi diri Anda.

Justru di saat-saat sibuklah Anda harus semakin memerhatikan kesehatan karena lebih rentan terhadap penyakit. Konsumsilah makanan dan minuman yang bergizi dan tidurlah dengan teratur.

Percaya Diri dan Terus Belajar adalah Kunci Sukses

Anda harus yakin terhadap kemampuan Anda. Keyakinan inilah yang akan menuntun Anda untuk terus belajar dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Sesibuk apapun, tetaplah menjaga kesehatan Anda.

Ketika sesuatu yang Anda kerjakan ternyata gagal, terimalah dengan lapang dada dan jadikan sebagai pemicu semangat baru. Lakukanlah segala sesuatu dengan “niat” yang kuat dan tak lelah untuk terus belajar guna meningkatkan kualitas diri.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA