Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Jack Ma Akan Latih 1.000 Ahli Teknologi Indonesia

Sabtu 13 Okt 2018 15:02 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolanda

CEO dan Founder Alibaba Group Jack Ma bersama menteri Kabinet Kerja RI di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10).

CEO dan Founder Alibaba Group Jack Ma bersama menteri Kabinet Kerja RI di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10).

Foto: Republika/Idealisa Masyrafina
Diharapkan semakin banyak wirausaha yang dapat memajukan UKM.

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Pemerintah berencana untuk menciptakan para pemimpin di bidang teknologi dan digital dengan bekerja sama dengan Alibaba Group. Setiap tahunnya sekitar 1.000 pemimpin teknologi Indonesia akan dilatih oleh grup e-commerce asal Cina ini.

CEO dan Founder Alibaba Group, Jack Ma menilai, masa depan Indonesia bergantung pada pendidikan. Untuk itu, Alibaba akan melatih para pemimpin bidang teknologi di Indonesia setiap tahunnya.

"Kami menawarkan (ke pemerintah Indonesia) selama sepuluh tahun, setiap tahunnya melatih 1.000 pemimpin teknologi. Jadi kami memberi banyak kesempatan kepada generasi muda Indonesia untuk belajar," ujar Jack Ma dalam konferensi pers usai rapat dengan pemerintah Indonesia di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10).

Jack Ma memaparkan, pelatihan yang dilakukan oleh Alibaba akan berfokus kepada para developer dan insinyur yang bergerak di bidang teknologi. Selain itu, ia juga mengundang para entrepreneur untuk mengikuti pelatihan.

Bentuk pelatihannya, kata Jack Ma, masih belum direncanakan secara spesifik. Namun ia memastikan bahwa dalam tiga tahun ke depan kerja sama pelatihan teknologi ini dapat segera dimulai.

"Setelah itu, kita akan mengerti apa saja yang harus diubah, apa yang mereka butuhkan dan tidak butuhkan, dan kesalahan-kesalahan. Lalu kita bisa membuat rencana konkrit," paparnya.

Dengan pelatihan ini, kata Jack Ma, diharapkan semakin banyak wirausaha yang dapat memajukan usaha kecil dan menengah (UKM). Selain kerja sama pelatihan ini, pihaknya juga berencana untuk berinvestasi di berbagai bidang di Indonesia. 

"Jadi tidak hanya di e-commerce, tapi juga di cloud, logistik dan infrastruktur internet. Kami juga akan memastikan usaha lokal sukses. Karena bisnis lokal sukses, kami juga sukses," kata Jack Ma.

Menteri Komunikasi dan Informasi RI Rudiantara menambahkan, kerja sama dengan Alibaba ini merupakan salah satu program pemerintah dan ekosistem untuk menciptakan 20 ribu digital talents. "Jadi dari Alibaba C level di atasnya. Sedangkan pemerintah itu di technician level," kata Rudiantara. 

Baca juga, Ingin Jadi Pengusaha Sukses Seperti Jack Ma? Ini Rahasianya

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA