Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Saturday, 17 Zulqaidah 1440 / 20 July 2019

Edukasi Keselamatan, Pertamina Gelar Roadshow Safety Riding

Kamis 11 Oct 2018 18:06 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Gita Amanda

Mobil tangki Pertamina.

Mobil tangki Pertamina.

Foto: Pertamina
Pertamina memberi tips mengenai keamanan berkendara di sekitar mobil tangki.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III kembali menggelar roadshow program Safety Riding untuk mengedukasi pentingnya berkendara yang aman di jalan. Kali ini, sasarannya adalah para pelajar di SMKN 1 Balongan, Kamis (11/10).

Dalam acara yang bertema “Safe Ride Saves Hope” itu, Pertamina memberikan tips mengenai keamanan berkendara di sekitar mobil tangki. Hal tersebut terutama menyangkut titik buta atau blind spot.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR III, Dian Hapsari Firasati, menjelaskan kendaraan besar seperti misalnya mobil tangki Pertamina. Sebab mobil tersebut memiliki area tertentu di mana pengemudinya tidak bisa melihat kendaraan lain yang lebih kecil di belakangnya atau disebut blind spot. Hal itu, bisa menimbulkan kerawanan kecelakaan.

"Tandanya adalah apabila kita bisa melihat muka pengemudi mobil tangki dari kaca spion, artinya kita juga terlihat oleh pengemudi mobil tangki. Maka kita aman, tidak berada di blind spot. Tapi jika sebaliknya, berarti masuk area blind spot, maka segeralah menghindar," terang Dian, saat ditemui di sela acara Safety Riding di SMKN 1 Balongan.

Dian mengungkapkan, program Safety Riding itu merupakan bagian dari Tanggung jawab Sosial Perusahaan (CSR) di bidang pendidikan yang diadakan secara rutin. Sasaran dalam program edukasi itu adalah pelajar tingkat menengah atas. Sebab mereka merupakan pengendara pemula yang baru memiliki izin mengemudi.

Dian berharap, edukasi itu akan membuat para pelajar bisa berkendara secara aman sehingga selamat sampai tujuan. Mereka juga diminta untuk menularkan pengetahuan yang sudah diperoleh itu kepada lingkungan mereka.

Dalam kesempatan itu, pihak Polres Indramayu dan Komunitas Yamaha Nmax juga menyampaikan beberapa anjuran dalam berkendara, baik secara teori maupun praktek langsung. Para pelajar pun mengikuti acara tersebut secara antusias.

Selain memberikan edukasi, Pertamina juga memberikan 100 buku pengetahuan, lingkungan dan keterampilan untuk perpustakaan sekolah. Adapula bantuan tiga unit toilet sekolah sebagai bentuk perhatian Pertamina pada program peningkatan infrastruktur dan fasilitas pendidikan.

Pertamina juga mengenalkan program Berkah Energi Pertamina.Para pelajar pun secara spontanitas beramai-ramai membuka gadget dan mengunduh aplikasi My Pertamina sebagai syarat utama mengikuti program tersebut.

Kepala Sekolah SMKN 1 Balongan, Jejen Jaelani Dahlan, menyambut baik diselenggarakannya acara tersebut. "Kami senang ada perusahaan yang memperhatikan mengenai safety riding. Hal ini sangat berguna terutama untuk siswa siswa kami," tandas Jejen.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA