Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Saturday, 18 Jumadil Akhir 1440 / 23 February 2019

Dirut Pegadaian Raih BUMN Award 2018

Ahad 12 Aug 2018 16:19 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso.

Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Sunarso.

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Pegadaian dinilai berhasil menerapkan Good Corporate Governance terbaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Pegadaian Sunarso menerima The Best CEO Anugerah BUMN Award 2018. Mantan Wakil Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) itu mendapat penghargaan untuk kategori Talent Development dan Perusahaan Terbaik 1 kategori perusahaan dengan GCG (Good Corporate Governance) terbaik pada akhir pekan lalu.

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap Kinerja BUMN di sektor lembaga keuangan berdasarkan pada kinerja usaha, kinerja keuangan, kinerja kepemimpinan, dan tata kelola perusahaan serta talent development. “Di dalam Pegadaian, kami mengimplementasikan GCG dengan membangun sistem transparansi sehingga transparansi itu otomatis menjadi kesisteman, akuntabilitas, responsibility, independency, dan fairness,” ujar Sunarso setelah melalui siaran pers, Ahad, (12/8).

Pegadaian, kata dia, selama ini selalu fokus menjalankan prinsip-prinsip pengembangan talent manajemen dan sumber daya manusia (SDM). Selain selalu mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik, Pegadaian juga memiliki program Pegadaian Bersih-Bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan.

Program itu bertujuan untuk mendorong penerapan GCG di dalam dan di sekitar Pegadaian. "Maka award ini menjadi pemicu bagi semua jajaran manajemen dan karyawan di Pegadaian untuk bekerja lebih baik lagi di era persaingan yang semakin ketat," ujar Sunarso.

Ia menjelaskan, di dalam Pegadaian GCG sudah menjadi bagian dari mekanisme sistem bisnis. Dengan begitu, selain diorientasikan untuk pertumbuhan juga untuk sustainability.

Lebih lanjut, menurutnya pengembangan talent leadership sangat penting untuk keberlanjutan transformasi perusahaan. Serta menyiapkan talent dan leader untuk memenuhi kebutuhan industri. "Banyaknya perusahaan yang masuk dalam bisnis gadai tentunya bisa menggerus pasar BUMN, Namun kami optimis karena Pegadaian memiliki SDM yang berpengalaman dan tangguh sehingga tidak akan kalah dalam persaingan ini," kata Sunarso.

Bahkan meski banyak perusahaan gadai bermunculan, Sunarso menegaskan, kinerja Pegadaian masih akan tetap bertumbuh. Sebelumnya, pada Maret lalu Sunarso juga memperoleh anugerah CEO BUMN Award dari Sky Media sebagai CEO terbaik dan pemimpin perubahan dalam kategori tata kelola perusahaan dan pelayanan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA