Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Jelang Lebaran, Pengunjung Toko Tani Naik Dua Kali Lipat

Senin 11 Jun 2018 13:45 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Indira Rezkisari

Pengunjung Toko Tani Indonesia memadati jelang Lebaran, Senin (11/6).

Pengunjung Toko Tani Indonesia memadati jelang Lebaran, Senin (11/6).

Foto: Republika/Melissa Riska Putri
Harga Toko Tani lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang Lebaran pengunjung memadati Toko Tani Indonesia (TTI) Center Pasar Minggu, Senin (11/6). Mayoritas pengunjung mencari daging beku untuk santapan Lebaran Jumat nanti.

Padatnya pengunjung bahkan menyebabkan antrean mengular hingga keluar TTI. Sedikitnya ada tiga kios yang menjajakan daging beku, rata-rara antrean untuk kios tersebut mencapai 10 meter.

Salah satu pengunjung Anda Kusnadi mengatakan, daging yang dijual di TTI Center jauh lebih murah dari harga di pasar. Di TTI Center, ia bisa mendapatkan daging sapi beku seharga Rp 80 ribu per kilogram (kg). "Di pasar Rp 130 ribu per kg," kata warga Manggarai, Jakarta Selatan ini yang sengaja datang untuk mendapatkan daging murah.

Bukan hanya membeli daging untuk kebutuhan pribadinya. Mengingat jarak yang cukup jauh dari kediammanya di Manggarai hingga Pasar Minggu, ia pun membeli banyak daging beku. "Beli sekalian banyak karena untuk keluarga juga," kata dia.

Kepala Bidang Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Inti Pertiwi mengatakan, jelang Lebaran ini pengunjung TTI Center mengalami peningkatan dua kali lipat. "Paling 5.000 orang," ujarnya.

Khusus hari ini saja, sebanyak 10 ton daging sapi beku habis terjual. Padahal pada hari biasa, ia melanjutkan, daging sapi beku yang terjual hanya tiga hingga empat ton. Selain daging sapi beku, tersedia pula daging kerbau beku yang dijual Rp 75 ribu per kg.

Bukan hanya daging beku, TTI Center menyediakan hampir seluruh pangan pokok dengan harga murah. Untuk diketahui, harga telur ayam yang dijual di TTI sebesar Rp 21 ribu per kg, daging ayam sebesar Rp 32 ribu per kg, beras seharga Rp 8.500 per kg, minyak goreng Rp 11 ribu per liter, gula pasir Rp 12 ribu per kg, bawang putih Rp 15 ribu per kg, dan bawang merah Rp 27 ribu per kg.

Diakui Inti, harga yang dijual di tempat ini berada di bawah rata-rata. Contohnya daging ayam yang berdasarkan laman Info Pangan DKI Jakarta, rata-rata harganya masih di angka Rp 36 ribu per kg. Harga minyak goreng mencapai Rp 12.500 per kg, harga rata-rata telur ayam sebesar Rp 23.895 per kg, dan bawang merah Rp 38 ribu per kg. TTI Center buka setiap hari sejak pukul 8.00 hingga 14.00 WIB.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA