Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Wednesday, 13 Rabiul Awwal 1440 / 21 November 2018

Tol Brebes Timur-Pemalang Dioperasikan Gratis untuk Mudik

Ahad 27 May 2018 09:36 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nur Aini

Pekerja mengerjakan pembangunan gerbang tol di jalan tol Brebes Timur-Pemalang, Desa Kertasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (24/5).

Pekerja mengerjakan pembangunan gerbang tol di jalan tol Brebes Timur-Pemalang, Desa Kertasari, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (24/5).

Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Pengoperasian Tol Brebes Timur-Pemalang masih fungsional untuk mudik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memastikan jalan tol seksi 3 dan 4 Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 km dari Brebes Timur hingga Pemalang siap dioperasikan. Kendati demikian, menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kondisi jalan tol tersebut masih fungsional tanpa tarif pada mudik Lebaran 2018.

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur-Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur. Mereka bisa meneruskan ke ruas tol Pemalang-Batang hingga Semarang sepanjang 114,2 km yang juga akan dibuka fungsional.

"Untuk laporan sekarang, ruas tol dari Brebes ke Pemalang, Insyaallah sudah bisa kita tembus dengan kondisi mantap," kata Menteri Basuki dikutip dari laman setkab.go.id, Ahad (27/5).

Basuki menyampaikan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait jadwal pembukaan jalur tol tersebut. "Kementerian PUPR bertugas memastikan sarana prasarananya untuk dapat digunakan paling lambat pada H-10 Lebaran, sekitar tanggal 9 Juni 2018 saat dimulainya liburan," ujarnya.

Pengusahaan Jalan Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 Km dilakukan melalui investasi PT Pejagan Pemalang Toll Road, dengan nilai Rp 7,26 Triliun. Untuk seksi 1 dan 2 sebelumnya telah dioperasikan hingga Brebes Timur.

Untuk memfasilitasi transaksi pembayaran tol bagi pemudik dari Tol Cikampek melewati ruas Brebes Timur dan melanjutkan ke Semarang, telah dibangun gardu tol sementara di daerah Sewaka, di sekitar KM 294 Tol Pejagan-Pemalang. Di sekitar kilometer 275 ruas Brebes Timur-Pemalang juga dibangun salah satu tempat istirahat (rest area) tipe B.

Menurut Basuki tempat istirahat tipe B tersebut akan dilengkapi fasilitas parkir mobil berkapasitas 75-100 kendaran, kantin, UKM, fasilitas kesehatan, BBM, toilet, bengkel, dan tambal ban. Ia menargetkan rest area tersebut dapat beroperasi paling lambat H-10 Lebaran.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Festival Panen Kopi Gayo

Rabu , 21 Nov 2018, 20:55 WIB