Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Menko Darmin Minta Ada Perluasan Operasi Pasar

Jumat 25 May 2018 16:46 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Teguh Firmansyah

Darmin Nasution

Darmin Nasution

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Mendag mengklaim harga ayam berangsur turun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution meminta adanya perluasan operasi pasar. Darmin juga meminta Kementerian Perdagangan untuk menjaga harga daging ayam.

"Masing-masing ya ada kebijakannya," ujar dia, Jumat (25/5).

Ia mengatakan, rapat koordinasi pangan yang dilakukan Kamis (24/5) malam,lebih banyak bicara soal beras dan daging ayam yang sempat mengalami kenaikan harga. Operasi pasar sebenarnya telah dilakukan namun perlu diperluas dan melibatkan pedagang.

Sementara terkait daging ayam, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, harga ayam berangsur turun di angka Rp 33 ribu per kilogram (kg).

Pasokan untuk daging ayam diakui Enggar berkurang, namun ia memintaintegrator untuk mengeluarkan semua stoknya yang semula dibatasi untuk tidak masuk pasar.

"Saya bilang masuk semua, keluarkan, boleh. Dan kita sudah mulai melakukan penjualan di 400 titik dengan dari para integrator yang besar-besar itu," kata dia.Cara ini menurutnya secara langsung memberikan dampak penurunan harga.

Di Semarang,   harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional, terus merangkak naik. Jika pekan sebelumnyamasih berkisar Rp 32 ribu per kilogram, hingga Jumat (25/5) ini harga dagingayam potong telah menjadi Rp 37 ribu per kilogram.

Sejumlah penjual daging ayam potong di pasarJati, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang menuturkan --selain mengalami kenaikanharga-- pasokan daging ayam potong ini juga tengah mengalami penurunan. Jika biasanyaberapa pun permintaan ada, sekarang pemasok tidak bisa memasok penuh.

Biasanya, ia mengambil setengah kwintal ada,saat ini maksimal hanya dipenuhi 45 kilogram. "Hari kemarin, Kamis saya Cuma kebagian 40 kilogram," ungkap Sumiyati (52), salah seorang penjual daging ayam potong dipasar Jati.

Kendati begitu, ia tidak tahu persis mengapa pasokan daging ayam potong ini berkurang. Karena pengepul yang memasok komoditasdaging ayam potong ini juga tidak menjelaskan alasannya.

Pedagang di pasar, tahunya hanya pasokannya berkurang dan harganya sudah mengalami kenaikan. Dari pemasok hargaayam potong sudah mencapai Rp 35 ribu per kilogram, jelasnya.

Salah seorang penjual daging ayam di pasar Bandarjo, Ninik Sugito (61) menuturkan, kenaikan harga komoditas daging ayam potong ini sudah berlangsung sejak empat hari terakhir.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES