Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

Tuesday, 18 Muharram 1441 / 17 September 2019

6 Cara Ampuh Bagi Anda yang Kesulitan Atur Waktu Kerja

Rabu 02 May 2018 11:08 WIB

Red: Budi Raharjo

waktu.ilustrasi

waktu.ilustrasi

Foto: .
Mengatur waktu bukan berarti mengerjakan banyak hal dalam satu waktu

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Waktu adalah sumber daya yang begitu berharga. Setiap orang di dunia mempunyai jumlah waktu yang sama, tidak kurang dan tidak lebih dari 24 jam.

Namun, dengan jumlah waktu yang diberikan, banyak orang yang merasa masih tidak punya waktu untuk melakukan seluruh pekerjaannya. Hanya mereka yang bisa bekerja dengan produktif yang tahu cara mengatur waktu.

Untuk Anda yang masih bermasalah dalam mengatur waktu dalam bekerja, jangan berkecil hati. Dikutip dari Cermati.com, berikut adalah cara-cara atur waktu yang akan membantu Anda dalam bekerja.

1. Buat Susunan Pekerjaan yang Ingin Dilakukan

Salah satu cara efektif untuk kelola waktu dalam bekerja adalah dengan membiasakan diri menyusun pekerjaan yang ingin dilakukan. Lebih baik lagi susunan pekerjaan ini dibuat pada malam sebelum bekerja.

Selain itu, tidak ada salahnya membuat daftar kegiatan untuk satu atau beberapa bulan ke depan. Cara ini akan membantu mengingatkan Anda apa yang harus dilakukan dalam waktu dekat. Juga untuk membuat pekerjaan Anda lebih terorganisasi.

2. Tentukan Mana yang Mesti Didahulukan

Menentukan mana yang mesti didahulukan akan membantu Anda dalam mengelola waktu saat pekerjaan mulai menumpuk. Buatlah prioritas pekerjaan tiap harinya dengan membuat rencana kerja dan alokasikan waktu yang diperlukan untuk tiap pekerjaan yang harus diselesaikan.

Mulailah dengan menuliskan semua pekerjaan yang harus diselesaikan beserta jumlah waktu yang tersedia. Lalu urutkanlah tiap pekerjaan dari yang paling urgent atau yang harus diselesaikan dengan segera sampai dengan pekerjaan yang masih bisa di-pending setelah pekerjaan lain selesai. Dengan menentukan mana yang mesti didahulukan, produktivitas kerja Anda akan meningkat.

3. Jauhi Hal-Hal yang Mengalihkan Fokus

Biasakan untuk selalu fokus pada apa yang Anda kerjakan. Tinggalkan semua godaan yang berpotensi mengganggu proses kerja. Ketika Anda bekerja dengan internet, usahakanlah menghindari membuka halaman-halaman yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda sehingga pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

4. Hindari Multitasking

Mampu melakukan multitasking memang terkesan hebat. Namun, alih-alih mampu mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan, multitasking akan membuat Anda tidak fokus pada pekerjaan utama. Sebagai akibatnya, pekerjaan Anda menjadi kurang optimal juga potensi kesalahan pada hasil pekerjaan akan lebih tinggi.

Banyak yang tidak mengetahui bahwa pada saat multitasking, otak manusia dipaksa bekerja keras mengolah banyak hal dalam waktu bersamaan. Pola seperti ini membuat Anda lebih mudah lelah dan stres dan juga menurunkan kemampuan memori.

Anda lebih baik mengerjakan satu pekerjaan utama sampai tuntas, lalu melanjutkan pekerjaan lain. Cara ini membuat Anda lebih fokus dan memperoleh hasil pekerjaan yang optimal.

5. Jangan Takut untuk Berkata Tidak

Jika Anda merasa tidak sanggup melakukan sesuatu, jangan takut ataupun malu untuk berkata tidak. Mulailah berkomitmen pada diri untuk menolak kegiatan-kegiatan yang akan menyia-nyiakan waktu Anda.

Jangan buang waktu dan tenaga Anda untuk hal-hal yang bukan menjadi  fokus utama Anda. Jika Anda benar-benar merasa tidak mampu dan tidak siap untuk menerima pekerjaan, sah-sah saja untuk menolaknya. Daripada Anda menerimanya lalu hasilnya tidak maksimal. Alternatif lain adalah dengan menugaskan atau mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.

6. Jadilah Rapi dan Terorganisasi

Terakhir, jadilah rapi dan terorganisasi. Jangan pernah membiarkan area kerja Anda menjadi tidak teratur dan berantakan. Area kerja yang berantakan akan memengaruhi mood kerja Anda. Selain itu, hal ini akan banyak memakan waktu dan tenaga Anda untuk membereskannya.

Buatlah area kerja Anda menjadi senyaman mungkin sehingga Anda memiliki mood  kerja yang baik. Dengan begitu, Anda akan bekerja lebih optimal dan tidak membuang-buang waktu.

Pintar Mengatur Waktu, Tingkatkan Produktivitas Kerja

Waktu adalah harta yang berharga. Karena itu, mulai sekarang belajarlah untuk mengatur waktu sebaik mungkin agar produktivitas dan kualitas pekerjaan meningkat. Selain itu, produktivitas kerja akan mudah diraih jika kita melakukan segalanya sepenuh hati dan menghargai waktu yang kita punya.

Mengatur waktu bukan berarti mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Akan tetapi, dengan menyederhanakan cara Anda bekerja, mengerjakan pekerjaan dengan cepat, dan melepas rasa stress dalam diri Anda sehingga produktivitas kerja mampu meningkat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA