Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Minggu, 9 Zulqaidah 1439 / 22 Juli 2018

Optimalkan Muara Gembong BUMN Sinergi dengan Bank Mandiri

Selasa 17 April 2018 11:34 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri BUMN Rini Soemarno tinjau kawasan perhutanan sosial Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Selasa (17/4)

Menteri BUMN Rini Soemarno tinjau kawasan perhutanan sosial Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Selasa (17/4)

Foto: Humas Kementerian BUMN
Pemberian KUR dilakukan jika petani penggarap telah mendapat bibit dan pakan dari KKP

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dalam pelaksanaan optimalisasi Muara Gembong, BUMN bersinergi mendukung pelaksanaan program Perhutanan Sosial Muara Gembong dengan Perhutani menyediakan lahan pada area tambak. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bertindak sebagai bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi petani tambak dan Perum Perindo sebagai off taker hasil produksi panen.

"Bank Mandiri mencatat hingga saat ini, penyaluran KUR telah dilakukan kepada delapan petani penggarap yang mengelola lahan tambak seluas 17,2 hektare dengan jumlah penyaluran sebesar Rp 120 juta per petani," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M Soemarno di Muara Gembong, Selasa (17/4).

Pemberian KUR hanya dilakukan jika petani penggarap telah mendapat bibit dan pakan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan persyaratan lain seperti pembuatan dan infrastruktur tambak telah selesai dilakukan.

Bank Mandiri memproyeksi, dengan skema pembiayaan KUR, maka keuntungan yang diperoleh petani tambak dengan luas area tambak 1.000 meter persegi adalah sebesar Rp 3,23 juta per bulan untuk setiap petambak. Keuntungan yang diperoleh petani tambak dengan luas area tambak 4.000 meter persegi diproyeksi sebesar Rp 12,92 juta per bulan untuk setiap petambak.

Sementara keuntungan yang diperoleh petani tambak dengan luas area tambak 8.000 meter persegi diproyeksi sebesar Rp 25,84 juta per bulan untuk setiap petambak. Semua proyeksi keuntungan tersebut telah memperhitungkan biaya operasional dan biaya bunga KUR yang harus dibayar petambak.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA