Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Tuesday, 22 Syawwal 1440 / 25 June 2019

Menteri Susi akan Bangun PIM di Berbagai Daerah

Jumat 09 Feb 2018 12:05 WIB

Red: Nidia Zuraya

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan sambutan saat peletakan batu pertama (groundbreaking) Pasar Ikan Modern Muara Baru, Penjaringan, Jakarta, Kamis (8/2).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan sambutan saat peletakan batu pertama (groundbreaking) Pasar Ikan Modern Muara Baru, Penjaringan, Jakarta, Kamis (8/2).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Di setiap kota dengan jumlah penduduk 100 ribu orang akan memiliki satu PIM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menginginkan Pasar Ikan Modern (PIM) tidak hanya dibangun di wilayah DKI Jakarta tetapi juga di berbagai daerah lainnya. Pembanguna PIM ini, menurut Susi, dalam rangka membangun sektor kelautan dan perikanan nasional.

"Pemerintah tidak hanya akan membangun Pasar Ikan Modern di DKI Jakarta, tetapi juga di kota besar lainnya di Indonesia," kata Menteri Susi dalam siaran pers KKP yang diterima di Jakarta, Jumat (9/2).

Susi Pudjiastuti menargetkan bahwa setidaknya setiap kota dengan jumlah penduduk 100.000 penduduk untuk memiliki satu PIM. Untuk itu, ujar dia, pihaknya telah meminta daerah lain turut mendukung dengan menyediakan lahan di tengah keramaian penduduk untuk dibangun PIM.

Hal tersebut, lanjutnya, adalah agar PIM yang dibangun dapat diakses oleh masyarakat luas, serta menjadi tempat yang nyaman bagi penikmat makanan laut di seluruh Indonesia. Sebagaimana diwartakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengharapkan Pasar Ikan Modern yang sedang dibangun di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara, dapat dibangun sesuai target waktu, anggaran, dan bisa menjadi lokasi wisata ibu kota ke depan.

"Tempat pasar ikan ini penuh sejarah karena dibangun lebih dari 150 tahun lalu," kata Anies dan menambahkan, Pasar Ikan Modern di Jakarta itu dalam pembangunannya juga harus dirancang dengan tidak melupakan sisi keindonesiaannya, termasuk untuk penggunanya.

Gubernur DKI juga berharap pasar tersebut dapat menjadi contoh kenyamanan bagi warga ibu kota dalam berbelanja dan juga menjadi ajang interaksi yang positif dalam aktivitas perekonomian di wilayah Jakarta. Rencananya, Pasar Ikan Modern di Jakarta Utara tersebut dibuat untuk dapat meniru Pasar Ikan Tsukiji yang fenomenal di Jepang, yang telah lama menerapkan sistem pengelolaan yang terintegrasi.

Pasar Ikan Tsukiji merupakan pasar ikan terbesar di dunia yang menjadi salah satu tujuan wisata populer di Tokyo. Namun, Pasar Ikan Tsukiji rencananya akan direlokasi pada tahun ini demi pembangunan prasarana infrastruktur jalan yang diperlukan untuk Olimpiade 2020.

Selama ini, Pasar Tsukiji yang berusia 80 tahun itu menarik puluhan ribu pengunjung per tahun untuk mendatangi berbagai kios dengan spesies ikan eksotis dan sushi segar.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA