Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Tuesday, 5 Syawwal 1439 / 19 June 2018

Pembangunan Infrastruktur tak Boleh Asal Bangun

Selasa 06 February 2018 20:33 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andi Nur Aminah

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.

Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan.

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Standar K3 suatu proyek di lapangan tidak boleh terlupakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan meminta pembangunan infrastuktur tetap mengutamakan standar kesehatan, keselamatan, keamanan kerja (K3) dan kualitas pengerjaan. Hal ini agar tidak terjadi kembali kecelakaan kerja dalam proses pembangunan infrastuktur maupun peristiwa yang mengakibatkan kecelakaan.

"Meskipun kita dikejar target pembangunan yang didukung DPR, jangan sampai lupakan standar K3 suatu proyek di lapangan. Jangan sampai ada pekerjaan di bawah itu yang akibatkan kecelakaan, karena itu kualitas dari tiap pekerjaan jadi salah satu bentuk komitmen," ujar Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (6/2).

Namun demikian, ia belum dapat menyimpulkan terkait kecelakaan kerja maupun musibah dari pembangunan infrastuktur yang terjadi beberapa waktu terakhir ini apakah karena pengerjaan yang terburu-buru. Menurutnya, harus dilakukan investigasi dari kecelakaan yang terjadi dalam interval singkat tersebut.

"Kita enggak bisa katakan kesimpulan lebih awal sebelum diteliti, bisa jadi karena faktor alam, faktor cuaca, bisa juga kendali building karena bisa jadi karena tanah longsor. Penelitian kaitannya dengan audit keselamatan K3 dari tiap proyek," ujar Taufik.

Wakil Ketua Umum PAN itu mengatakan sudah ada standar yang seharusnya menjadi acuan untuk pembangunan infrastuktur maupun keselamatan pekerjanya. "Harus standar building, itu harus utama lalu kita tidak boleh asal-asalan bangun kerjaan tanpa keselamatan kerja," ujar Taufik.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES