Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

PLN Gunakan Teknologi HDD Tata Kabel Listrik ke dalam Tanah

Kamis 11 Jan 2018 10:56 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya

Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN melakukan perawatan jaringan kabel.

Petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) PLN melakukan perawatan jaringan kabel.

Foto: Septianda Perdana/ANTARA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PLN Distribusi Jakarta Raya pada awal tahun ini akan menata kabel kabel listrik yang menjuntai di sepanjang jalan jalan protokol. Setelah jalan Medan Merdeka Barat dan Selatan yang ditata pada akhir tahun lalu, tahun ini PLN Disjaya akan menata kabel disekitar Jalan Medan Merdeka Timur, Thamrin dan Sudirman.

General Manager PLN Disjaya, M. Iksan Asaad mengatakan untuk memudahkan penataan kabel, pihak PLN memakai alat bor baru HDD. Langkah ini dilakukan agar pengerjaan bisa cepat, sehingga saat perhelatan Asean Games penataan tata kota bisa lebih rapih, dan menjaga pasokan listrik dari potensi konselt.

"PLN disjaya berfokus pada pekerjaan boring dan kabel bawah tanah dengan menggunakan mesin boring HDD (Horisontal Direct Drilling). Jadi pengerjaan jauh lebih cepat," ujar Iksan Asaad di Kompel Marinir Cilandak KKO, Kamis (11/1).

Iksan menjelasakan alat boring HDD yg merupakan pertama di PLN untuk pekerjaan pengeboran kabel bawah tanah. Dengan teknologi mesin HDD ini PLN Disjaya mendukung program pemerintah daerah untuk mewujudkan jakarta yang rapi dan tertata dengan penggunaan SKTM (Saluran Kabel Bawah Tanah) di setiap sudut ibukota tanpa mengurangi kehandalan pasokan listrik ibukota.

"PLN Disjaya menginvestasikan biaya kurang lebih Rp 250 miliar dengan pekerjaan Boring jaringan sepanjang 150 ribu km," ujar Iksan.

Mesin HDD merupakan mesin boring bawah tanah secara horizontal yang dapat di kendalikan, untuk penanaman pipa HDPE, sebagai saluran kabel XLPE. Keunggulan penggunaan mesin HDD adalah untuk memudahkan dalam gelar kabel Tegangan Menengah (TM). Juga mempermudah proses penarikan kabel dari satu titik ke titik lainnya (entry & exit).

Sedangkan untuk pipa nya menggunakan Pipa HDPE (high density polyethylene) yang merupakan pipa elastis,lentur,kuat terhadap tekanan, mengikuti pergerakan tanah, yg digunakan sebagai jalur masuknya kabel dan melindungi kabel XLPE tersebut dari tekanan tanah. Sehingga pasokan listrik selalu terjaga dengan handal karena Mesin HDD mampu mengebor hingga jarak 300m tanpa merusak fsilitas diatasnya.

Iksan menjelaskan langkan penanaman kabel ini juga sebagai salah satu langkah PLN agar kabel kabel transmisi aman dari konselting. Apabila terjadi hujan atau angin kencang, maka resiko konselting bisa terhindar. Hal ini juga kata Iksan agar pasokan listrik jelang Asean Games aman.

"Ini langkah kami untuk menghindari konsleting," ujar Iksan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA