Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

Wednesday, 6 Syawwal 1439 / 20 June 2018

PLN: Pasokan Listrik Jakarta-Tanggerang Kembali Normal

Rabu 03 January 2018 04:36 WIB

Red: Gita Amanda

Jaringan listrik PLN, ilustrasi

Jaringan listrik PLN, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) telah menormalkan kembali pasokan listrik seluruh pelanggan di sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang yang terkena pemadaman sejak Selasa (2/1) pagi.

"Sebanyak 17 gardu induk yang sempat mengalami gangguan pada Selasa pagi sudah normal. Penormalan seluruh gardu yang berada di Jakarta itu dilakukan pada pukul 11.21 WIB," kata Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka di Jakarta, Selasa.

Dengan penormalan keseluruhan Gardu Induk (GI) itu, lanjutnya, maka sistem kelistrikan 150 KV sudah berjalan dengan baik dan pasokan listrik Jakarta-Tanggerang ke pelanggan kembali normal. "Kami ucapkan terima kasih untuk pengertian dari masyarakat dan kami mohon maaf untuk pemadaman listrik yang sempat terjadi," ujar Made.

Ia menambahkan gangguan teknis pada sistem 150 kV di ruas Gandul-Muara Karang pada Selasa pukul 07.18 WIB itu sebelumnya telah menyebabkan 17 dari 80 GI yang ada di Jakarta terganggu. Untuk itu, sejak pukul 07.34 WIB, PLN berupaya keras melakukan pemulihan yang di antaranya dengan melakukan beberapa manuver jaringan untuk mengantisipasi meluasnya dampak gangguan.

Sebanyak empat GI yang terakhir kembali normal adalah Petukangan, Bintaro, Muara Karang, dan Kebon Jeruk. Menurut Made, saat ini, beban puncak di Jakarta mencapai 5.500 MW atau meningkat jika dibandingkan libur Natal dan Tahun Baru seiring dengan mulai aktifnya kegiatan perkantoran dan perindustrian di Jakarta.

Ke depan, upaya PLN untuk meminimalkan pemadaman, tambahnya, adalah mempercepat penguatan sistem 500 KV dan gardu induk ekstra tegangan tinggi (GITET) di Gandul dan Duri Kosambi serta looping transmisi.

Made mengatakan untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai daerah yang terkena pemadaman di wilayah Jakarta, dapat dilihat pada aplikasi PLN mobile yang dapat diunduh melalui Google Playstore dan AppStore, menu Peta Listrik Jakarta, atau tautan http://pelita.plnjaya.co.id/pelita/.

Sementara, untuk pengaduan, menurut dia, pelanggan dapat menghubungi pusat kontak (CC) 123 yang dapat diakses melalui telepon 123, handphone (kode area + 123), Facebook PLN 123, Twitter @pln_123, dan email pln123@pln.co.id.

"Pelanggan juga dapat mengakses berbagai layanan listrik PLN melalui aplikasi PLN mobile yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store," ujarnya.

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Senegal Menang 2-1 Atas Polandia

Rabu , 20 June 2018, 00:22 WIB