Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

AXA Mandiri Serahkan Dana Tabarru' Rp 642 Juta ke Baznas

Rabu 14 Jun 2017 21:01 WIB

Rep: Ahmad Fikri/ Red: Gita Amanda

Penyerahan Dana Tabarru dari Director of In-Branch Channel AXA Mandiri Tisye Dyah Retnojati kepada Ketua Umum Baznas Bambang Sudibyo di Jakarta, Rabu (14/6)

Penyerahan Dana Tabarru dari Director of In-Branch Channel AXA Mandiri Tisye Dyah Retnojati kepada Ketua Umum Baznas Bambang Sudibyo di Jakarta, Rabu (14/6)

Foto: Republika/ Ahmad Fikri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) menyerahkan dana surplus underwriting atau kumpulan dana dari pemegang polis syariah yang biasa disebut dengan dana tabarru' kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Dana tabarru' sebesar Rp 642 juta tersebut merupakan bentuk komitmen dalam menjalankan amanah para pemegang polis asuransi syariah.

Direktur In-branch Channel AXA Mandiri Tisye Diah Retnojati mengatakan, surplus underwriting tersebut berasal dari aktivitas produk asuransi syariah AXA Mandiri. “Selama tahun 2016 nilai total surplus underwriting yang berhasil diperoleh AXA Mandiri mencapai lebih dari Rp 642 juta”, kata Tisye di Jakarta, Rabu (14/6).

Tisye menjelaskan, dana surplus underwriting didapatkan dari hasil selisih dari total kontribusi para peserta asuransi syariah ke dalam dana tabarru' setelah dikurangi pembayaran santunan atau klaim serta kontribusi reasuransi dan penyisihan teknis dalam satu periode tertentu. Melalui produk asuransi syariah, AXA Mandiri berusaha untuk memenuhi kebutuhan perlindungan yang dikelola dengan prinsip syariah bagi keluarga muslim.

Pada 2015, AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan asuransi syariah melalui lebih dari 20 ribu polis asuransi dan pada tahun 2016 meningkat menjadi lebih dari 33 ribu polis asuransi syariah. “Sementara dari sisi pendapatan premi, di tahun 2015 kami mencatatkan pendapatan premi sebesar lebih dari Rp 342 miliar yang meningkat 17 persen menjadi lebih dari Rp 399 miliar di tahun 2016,” ujar Tisye.

Saat ini AXA Mandiri memiliki beberapa produk asuransi syariah seperti Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah, Asuransi Mandiri Proteksi Kesehatan Syariah, Mandiri Rencana Sejahtera Syariah dan lain-lain yang dipasarkan melalui Bank Syariah Mandiri.

Ketua Umum BAZNAS Bambang Sudibyo menjelaskan kerjasama ini sangat penting bagi upaya peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. “Kami mendukung komitmen AXA Mandiri untuk menyalurkan sebagian surplus underwriting demi kesejahteraan umat. Dana tabarru produk asuransi syariah ini jelas bermanfaat bagi masyarakat yang menerima,” kata Bambang.

Ia juga mengharapkan agar kerjasama ini dapat berjalan secara berkelanjutan, sehingga dapat menjadi contoh nyata bagi sektor swasta lain untuk melakukan kegiatan positif yang serupa. Sebagian dana ini nantinya akan digunakan untuk menyediakan paket Ramadhan berisi bahan makanan untuk kebutuhan sehari-hari hingga hari raya yang akan diserahkan kepada masyarakat di sekitar AXA Tower Kuningan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA