Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Senin, 4 Syawwal 1439 / 18 Juni 2018

Kunci Sukses Berbisnis E-Commerce

Senin 22 Agustus 2016 12:11 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya

e-commerce

e-commerce

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai praktisi bisnis e-commerce, CEO MatahariMall Hadi Wenas menilai ada beberapa elemen kunci untuk sukses dalam berdagang online.

"Bisnis digital sesungguhnya sama saja dengan bisnis offline, hanya mediumnya saja yang berbeda. Menurut saya, e-commerce itu bukan bisnis teknologi, melainkan bisnis dagang, sama seperti toko atau mall, bisnis menjual produk atau layanan, bedanya ini di dunia maya (online)," ujar Hadi Wenas pada Republika akhir pekan kemarin.

Menurut Hadi, ada enam kunci sukses bisnis dagang online. Pertama, produk apa yang mau dijual. Kedua, apa keunggulan produknya dibandingkan pemain lain. 

Ketiga, apa keunggulan perusahaan dibandingkan pemain lain dari aset, network, dan lain-lain. Keempat, siapa target segmennya. Lalu siapa tim untuk setiap bagian, mulai dari merchandising, marketing, operations, dan teknologi. 

"Apabila terdapat masalah, hal yang harus diperhatikan adalah terpenuhi atau tidaknya kunci-kunci utama dalam bisnis seperti yang saya sebutkan itu," tuturnya.

Menurutnya, ia memperhatikan fenomena saat ini, banyak yang memulai bisnis e-commerce hanya karena terbawa arus dan merasa keren karena sedang tren, tetapi ketika menghadapi kegagalan berhenti mencoba begitu saja. 

"Oleh karena itu, kegigihan dan komitmen juga menjadi kunci penting," katanya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES