Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

PT POS Maksimalkan Logistik dari E-Commerce

Rabu 25 May 2016 17:13 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Dwi Murdaningsih

Belanja online

Belanja online

Foto: Republika/Wihda Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ‎Perdagangan elektronik atau e-commerce menjadi pasar yang menggiurkan. Bukan hanya bagi pedagang tapi juga untuk perusahaan logistik yang menjadi mitra perusahaan e-commerce.

Melihat potensi ini, PT POS Indonesia menegaskan bakal masuk ke ranah e-commerce lebih banyak. Sebab jual beli melalui e-commerce dipastikan akan semakin menggeliat dengan perkembangan teknologi yang terus membaik.

Direktur Surat dan Paket PT Pos Indonesia Agus Handoyo mengatakan sekitar 10 persen dari penduduk Indonesia melakukan perdagangan online. Alhasil, Indonesia merupakan pasar yang signifikan. Tidak heran pelaku bisnis e-commerce berlomba-lomba masuk ke Indonesia.

"‎Ini membuat kita akan meningkatkan kinerja dalam pengiriman dari e-commerce," kata Agus di Gedung Pos Indonesia, Rabu (25/5).

Agus mengatakan, pertumbuhan e-commerce yang cukup besar bisa dilihat dari pemain baru e-commerce Matahari Mall. Dari bulan pertama transaksiny melalui PT Pos, Matahari Mall mampu melakukan transaksi sebesar Rp 60 juta, di bulan April tahun 2016 sudah Rp 1 miliar dan bulan Mei tanggal 12 sudah Rp 2 miliar.

Menurut Agus, keseriusan PT Pos Indonesia untuk memaksimalkan keberadaan e-commerce‎ dikarenakan mereka tidak mungkin mengandalkan single vender, sebab terlalu berisiko jika tidak menggandeng vendor lain. Untuk itu, PT Pos akan mencari jalan agar menjadi salah satu perusahaan pengiriman barang e-commerce terbesar.

"Perpindahan barang juga akan berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian negara. Jadi kita akan mendukung semua ini," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA