Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Saturday, 9 Syawwal 1439 / 23 June 2018

Sinar Mas Land Kembangkan Pasar Sehat di BSD City

Senin 11 April 2016 04:45 WIB

Rep: c35/ Red: Dwi Murdaningsih

Sinar Mas Land

Sinar Mas Land

Foto: Dok. Sinar Mas Land

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Sinar Mas Land dalam waktu dekat akan melaksanakan pengembangan pasar yang sehat dan aman. Managing Director President Office Dhony Rahajoe mengatakan program tersebut merupakan kegiatan CSR BSD City yang memiliki manfaat bersama (create shared value) berupa kebiasaan baik untuk menjaga makanan sehat untuk konsumen Pasar Modern BSD City.

"Kami bekerjasama dengan BPOM setempat untuk pembinaan pedagang tradisional dan juga menyediakan sarana laboratorium guna pengetesan kandungan zat yang digunakan untuk bahan pangan tertentu. Sehingga akan tercipta pasar modern yang sehat dan aman. Hal yang sama juga akan diterapkan di Pasar Modern 2," ujarnya di Pasar Modern BSD City, Tangerang Selatan, Ahad (10/4).

Sinar Mas Land baru saja meluncurkan Pasar Modern kedua di BSD City yang akan menyediakan lebih dari 800 ruang usaha. Hal itu dilakukan semi memberikan kesempatan yang lebih luas bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Konsep pasar tersebut masih mengangkat konsep pasar tradisional yang dikelola secara modern, namun terintegrasi dengan stasiun kereta api dan bus (stasiun intermoda).

Pasar modern 2 yang terletak di kawasan intermoda BSD City tersebut seluas 2,6 hektare. Bangunan Pasar Modern 2 tersebut terdiri dari 539 kios retail dan 220 lapak, yang langsung terhubung dengan jalur kendaraan pribadi serta koridor shuttle bus dan Trans BSD.

Sinar Mas Land membangun Pasar Modern di BSD City pada tahun 2004 di atas lahan 3,4 hektare. Hal ini dilakukan demi mengangkat citra pasar tradisional yang kumuh menjadi pasar modern yang lebih tertata rapi di BSD City. Sehingga dapat mendukung dunia perdagangan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia khususnya UMKM.

Pasar Modern BSD City pertama tersebut kerap menjadi percontohan pasar tradisional yang dikelola secara modern oleh pemerintah maupun swasta. Hingga saat ini, Pasar Modern BSD City sudah menampung tidak kurang dari 800 UMKM yang mampu bersaing dengan retail raksasa.

"Pedagang lapak yang bersih merupakan 'jantung' Pasar Modern. Dimana orang dapat berbelanja seperti di pasar tradisional tapi dengan suasana yang bersih dan tertata apik. Di tempat inilah para pedagang kecil UMKM menjalankan perannya dengan difasilitasi oleh pengembang dengan pembayaran sewa yang terjangkau," katanya menjelaskan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES