Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

2016, Sharp Yakin Penjualan Tumbuh 15 Persen

Senin 14 Dec 2015 18:32 WIB

Red: Mansyur Faqih

Haruhiko Sano (kanan) selaku Brand Strategy Group Division General Manager SEID didampingi oleh Andry Adi Utomo selaku National Sales General Manager SEID (kiri) dan Shigeo Noma selaku Vice President Director SEID menjelaskan strategu bisnisnya di tahun 20

Haruhiko Sano (kanan) selaku Brand Strategy Group Division General Manager SEID didampingi oleh Andry Adi Utomo selaku National Sales General Manager SEID (kiri) dan Shigeo Noma selaku Vice President Director SEID menjelaskan strategu bisnisnya di tahun 20

Foto: SEID

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski perekonomian nasional melambat tapi PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) tetap optimistis dapat tumbuh hingga 15 persen pada tahun depan. Antara lain karena melihat gencarnya pembangunan infrastruktur di Indonesia yang diperkirakan dapat mengerek pasar elektronik minimal 10 persen. 

"Dengan perbaikan kondisi ini, SEID juga optimistis dapat meningkatkan penjualannya hingga mencapai performance 115 persen tahun depan," ungkap Andry Adi Utomo selaku general manager national sales SEID dalam keterangannya, Senin (14/12).

Menurutnya, pelemahan kondisi ekonomi Indonesia sepanjang 2015 memberikan tantangan yang cukup berat bagi seluruh sektor industri, termasuk elektronik. Lemahnya kondisi ini pun berimbas pada perubahan perilaku konsumen Indonesia. 

Meski kebutuhan akan produk-produk elektronik tetap ada, kini konsumen cenderung lebih cermat dan hemat dalam melakukan pembelian, alias bergeser dari impulsive buyer ke price-oriented consumer.

SEID pun telah menyiapkan sejumlah strategi bisnis. Misalnya, bakal memperluas saluran penjualan dengan membuka lebih banyak lagi diler, termasuk menggandeng lebih banyak lagi pasar online yang menawarkan memberikan sejumlah kemudahan. 

SEID juga akan menggenjot berbagai produk baru berbasis produksi dalam negeri, seperti lemari es, mesin cuci, dan LED TV ukuran menengah yang memiliki nilai tambah. Karena berbasis lokal, produk-produk ini pun akan mampu dijangkau konsumen dengan harga yang lebih kompetitif. 

Tak hanya itu, produk-produk tersebut juga akan disematkan fitur-fitur local fit yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia berdasarkan hasil penelitian tim research & development SEID. 

"Selain itu, pada 2016 SEID akan terus memperkuat aktivitas branding dan mempertahankan positioning-nya sebagai produsen elektronik dengan jaringan servis pascapenjualan terluas hingga ke pelosok Tanah Air. SEID juga akan menggelar beragam kegiatan penjualan melalui pameran dengan mengangkat konsep Jepang di sejumlah wilayah di tanah air secara berkala demi mempertajam brand image kualitas Jepang," pungkas Andry.

Untuk merayakan hari jadinya yang ke-45 di Indonesia, tahun ini SEID menggelar festival keluarga bernuansa budaya Jepang sebagai ungkapan rasa terima kasih atas 45 tahun persahabatannya dengan masyarakat Indonesia, yaitu SHARP Tomodachi Matsuri. Dalam bahasa Jepang, Tomodachi berarti persahabatan dan Matsuri berarti festival. 

Acara ini diselenggarakan pada Sabtu, 12 Desember 2015 bertempat di Plaza Barat Senayan Jakarta mulai pukul 10.00 hingga jam 22.00. SHARP Tomodachi Matsuri menyuguhkan berbagai hiburan yang mengangkat budaya Jepang, seperti pertunjukkan tarian Jepang Taiko, Yosakoi, dan Bon Odori. 

Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan oleh ramen battle, cosplay competition, dance competition, interaktif games, cooking demo, parade food truck, serta yang paling ditunggu-tunggu adalah live performance dari JKT48.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA