Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Menkeu: Petugas KPPS yang Sakit dan Meninggal Dapat Santunan

Selasa 23 Apr 2019 12:19 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Nidia Zuraya

Petugas KPPS membantu warga yang akan memberikan hak suaranya di TPS 004 Pemilu 2019 di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu (17/4).

Petugas KPPS membantu warga yang akan memberikan hak suaranya di TPS 004 Pemilu 2019 di Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Rabu (17/4).

Foto: Abdan Syakura
KPU mengusulkan besaran santunan untuk petugas KPPS yang meninggal Rp 30-36 juta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memastikan akan menganggarkan biaya santunan kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang sakit atau meninggal dunia selama bertugas mengawal pemilu. Kendati demikian, Sri Mulyani belum mengetahui besaran biaya santunan yang akan diberikan kepada para korban.

"Mengenai usulan untuk mendapatkan tunjangan, saya sudah mengecek, kemungkinan kita bisa mengakomodasi melalui standar biaya yang tidak biasa. Di dalam konteks ini, nanti kita lihat berapa kebutuhan dan memutuskan sesuai peraturan perundang-undangan," jelas Sri Mulyani di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4).

Menkeu pun menyampaikan rasa duka cita kepada para korban yang bertugas mengawal penyelenggaraan pemilu secara adil, aman, dan akuntabel. Begitu juga Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia turut menyampaikan ucapan duka cita terhadap para korban. Menurut Jokowi, para petugas KPPS yang menjadi korban tersebut merupakan para pejuang demokrasi.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menyebut akan mengusulkan pemberian santunan kepada petugas KPPS yang meninggal dunia. Besaran santunan yang diusulkan yakni sekitar Rp 30-36 juta.

Sedangkan santunan untuk petugas KPPS yang mengalami kecelakaan dan mengakibatkan cacat fisik akibat bertugas, diusulkan menerima Rp 30 juta.

Menurut Arief, setidaknya terdapat 91 petugas KPPS yang meninggal dunia saat bertugas dalam pemilu 2019. Selain itu, terdapat 374 orang KPPS yang sakit saat bertugas.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA