Selasa, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Selasa, 18 Sya'ban 1440 / 23 April 2019

Jangan Anggap Remeh, Ini lho Pentingnya Asuransi Perjalanan!

Sabtu 13 Okt 2018 10:16 WIB

Red: Budi Raharjo

Travelling (Ilustrasi)

Travelling (Ilustrasi)

Foto: News
Hal-hal tak terduga kerap kali terjadi saat liburan

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang hobi travelling, baik dalam negeri maupun luar negeri, sudah seharusnya jangan pernah menyepelekan yang namanya asuransi perjalanan. Sebab kita tidak pernah tahu apa yang bakal terjadi kelak saat melakukan perjalanan.

Sebelum Anda menyesal di kemudian hari, sebaiknya pastikan perjalanan terasa nyaman dan aman dengan mengantongi tiket asuransi perjalanan. Karena segala kerugian yang terjadi di luar kuasa traveller saat melakukan perjalanan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi.

Lalu, kerugian-kerugian apa saja yang bisa diantisipasi dengan adanya asuransi perjalanan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut kerugian yang bisa dihindari karena manfaat yang didapat dari asuransi perjalanan.

1. Kerugian Pesawat delayed

Pesawat Anda tiba-tiba mengalami penundaan/keterlambatan akibat kondisi cuaca yang buruk? Apabila delayed melebihi batas waktu yang ditentukan (12 jam ke atas) maka perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi dalam bentuk kompensasi perjalanan.

Selain keterlambatan, kompensasi yang diberikan perusahaan asuransi juga mencakup pembatalan perjalanan oleh maskapai penerbangan. Besarnya biaya kompensasi tergantung masing-masing perusahaan asuransi. Sebelum membeli, sebaiknya baca syarat dan ketentuan secara teliti agar Anda tidak salah paham terkait pemberian kompensasi ini.

2. Ganti Rugi Koper atau Tas Hilang

Penanganan bagasi yang kurang baik oleh pihak bandara menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi. Apabila koper atau tas Anda rusak maupun hilang maka asuransi siap mengganti seluruh barang yang hilang sesuai dengan jumlah yang ditentukan di awal pembayaran asuransi.

Perusahaan asuransi juga memberi tambahan biaya ganti rugi atas hilangnya surat-surat berharga dan barang-barang bernilai tinggi (barang branded) selama melakukan perjalanan.

3. Beban Biaya Medis akibat Kecelakaan

Hal-hal tak terduga kerap kali terjadi saat liburan, misalnya kecelakaan akibat keserempet mobil saat menonton festival musim panas di luar negeri. Selain menahan sakit, juga harus menanggung biaya berobat. Tapi tidak jika Anda memiliki asuransi perjalanan.

Biaya penanganan medis akibat kecelakaan bukan menjadi tanggung jawab pribadi, melainkan perusahaan asuransi. Jumlah biaya tanggungan medis tergantung dari premi yang Anda bayar saat membeli asuransi.

Penanganan medis hanya berlaku di rumah sakit yang menjadi mitra dari asuransi perjalanan. Pastikan Anda mengetahui nama mitra rumah sakit tersebut agar tidak kesulitan saat membutuhkan penanganan medis yang cepat saat travelling.

4. Kerugian atas Kematian

Apabila kecelakaan yang terjadi merenggut nyawa, asuransi perjalanan akan memberikan biaya ganti rugi berupa sumbangan kepada keluarga yang ditinggalkan. Hal yang sama juga berlaku untuk pesawat yang hilang saat melakukan penerbangan ke tempat tujuan.

Untuk kasus pesawat hilang, besarnya sumbangan yang diberikan meliputi biaya santunan dari maskapai penerbangan ditambah sumbangan dari asuransi. Sementara untuk kematian akibat kecelakaan di negara tujuan hanya menerima santunan sebesar yang tertulis di lembar pembelian asuransi.

5. Beban Biaya Evakuasi Selama di Perjalanan

Selain kecelakaan dan kematian, perusahaan asuransi perjalanan juga memberi tanggungan atas evakuasi langsung selama melakukan perjalanan. Contoh, Anda tiba-tiba jatuh sakit saat menunggu penerbangan selanjutnya dan dilarikan ke rumah sakit. Nah, inilah yang dinamakan biaya evakuasi.

Apabila kondisi Anda belum stabil untuk melanjutkan perjalanan, mau tidak mau harus tetap tinggal di rumah sakit. Baik biaya medis selama evakuasi maupun biaya pembelian tiket penerbangan yang baru akan ditanggung oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.

6. Kerugian akibat Bencana Alam

Biaya yang timbul akibat kejadian-kejadian yang sulit ditebak seperti bencana alam dan tindak kriminalitas di suatu negara akan ditanggung oleh perusahaan asuransi perjalanan. Asuransi yang menyediakan keuntungan ini sangat terbatas, jadi tidak heran jika biaya pertanggungannya juga tidak terlalu besar.

Jika asuransi perjalanan yang Anda pilih tidak mencakup ganti rugi atas bencana alam, Anda lebih baik memperbarui isu-isu yang sedang terjadi di tempat tujuan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan.

Ajukan Klaim Secepat Mungkin

Mengingat harga asuransi perjalanan terjangkau, selalu bekali diri Anda dengan asuransi perjalanan sebelum bepergian ke mana saja. Jika terjadi peristiwa yang tidak berkenan, Anda tidak perlu khawatir memikirkan biaya karena asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi atas peristiwa yang menimpa Anda.

Pastikan klaim diajukan kurang dari 14 hari setelah kejadian agar proses klaim disetujui, dan pastikan dokumen syarat pengajuan klaim juga lengkap agar pencairan ganti rugi mudah dan cepat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA