Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

Wednesday, 4 Zulhijjah 1439 / 15 August 2018

15 Entitas Diduga Lakukan Transaksi Bodong

Sabtu 21 April 2018 00:31 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Andi Nur Aminah

Penipuan investasi/ilustrasi

Penipuan investasi/ilustrasi

Foto: fraud.laws.com
Ditemukan ada 72 entitas yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satuan Petugas Waspada Investasi (Satgas WI) terus memantau kegiatan investasi ilegal. Tahun ini, bahkan ditemukan ada 72 entitas yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin sehingga berpotensi merugikan masyarakat.

Ketua Satgas WI Tongam L Tobing menyebutkan, jumlah tersebut meliputi bidang forex atau future trading, cryptocurrency, multi level marketing, serta lainnya. Satgas WI pun berencana memanggil 15 entitas lagi pada Mei mendatang.

"Masyarakat menyampaikan pengaduan, maka baru April sudah 72 entitas (diduga ilegal). Bulan Mei ini kami panggil lagi sekitar 15 entitas," tegasnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat, (20/4).

Tongam menjelaskan, setelah menerima aduan masyarakat terkait entitas yang diduga ilegal, Satgas WI yang diketuai langsung oleh OJK langsung melakukan analisis. Kemudian bila ada dugaan pelanggaran, akan segera dipanggil, lalu disiarkan.  "Semua daftar itu masuk ke satgas, ini masuk ke Bareskrim. Sesudah itu kami kirim surat ke Menkominfo untuk locker web," tuturnya.

Menurutnya, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk mengatasi investasi ilegal. Pasalnya bila dibiarkan dapat sangat merugikan masyarakat.  "Kami selalu prinsipnya adalah penghentian tanpa tunggu korban. Jadi kami analisis sendiri," tegas Tongam. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Pentas Seniman Bandung Peduli Lombok

Selasa , 14 August 2018, 23:59 WIB