Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

Friday, 7 Zulqaidah 1439 / 20 July 2018

BI Ajak Mahasiswa Sosialisasikan Kebijakan Otoritas Moneter

Jumat 15 December 2017 03:10 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo

Logo Bank Indonesia (ilustrasi)

Logo Bank Indonesia (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI aktif menyosialisasikan kebijakan yang dikeluarkan otoritas moneter. Sosialisasi tersebut bisa dilakukan melalui sosial media.

Kepala Departemen Komunikasi BI Agusman mengatakan, BI telah lama membentu Generasi Baru Indonesia (GenBI). GenBI merupakan wadah komunitas bagi penerima beasiswa dari BI yang diarahkan untuk menjadi agen perubahan bagi masyarakat, garda terdepan yang membantu menyampaikan informasi kebijakan BI.

Kalau 3.000-an GenBI saat ini bisa menyuarakan informasi yang benar tentang BI dan kebijakan-kebijakannya kepada masyarakat luas, maka akan membantu pemahaman masyarakat lebih baik tentang kebijakan Bank Indonesia. "Pada akhirnya juga mampu berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi Indonesia," kata Agusman dalam keterangan tertulis, Kamis (14/12).

Pekan lalu, BI baru saja menggelar GenBI Leadership Camp 2017. Leadership Camp merupakan program tahunan BI yang diisi dengan pembekalan terkait kepemimpinan dan motivasi. Leadership Camp kali ini diikuti oleh 440 mahasiswa GenBI yang merupakan bagian dari 3.290 mahasiswa yang menerima beasiswa dari BI(BI) di tahun 2017.

Dalam Leadership Camp yang berlangsung 8-10 Desember 2017, seluruh GenBI mendapatkan kursus dan motivasi kepemimpinan yang dibawakan oleh Agusman. Peserta juga mendapatkan dialog motivasi serta inspirasi dari Angkie Yudistia, Founder dan CEO ThisAble Enterprise dan psikolog muda Melissa Grace.

Selain itu, ada sesi berbagi pengalaman  pengelolaan komunikasi kebijakan dari Departemen Komunikasi BI dan sesi The Central Bank Talks dari Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, BI Fintech Office dan Departemen Pengelolaan Uang BI.

"Kami berharap bekal yang diberikan selama Leadership Camp digunakan sebaik-baiknya sebagai bentuk dedikasi untuk negeri," ujar Agusman.

Dia menambahkan, Bank Indonesia melalui kegiatan ini sedang mempersiapkan generasi untuk berkembang dan dapat berkompetisi dalam persaingan ekonomi global dunia. Sejak 2011 hingga 2017, Bank Indonesia telah memberikan sekitar 18.565 mahasiswa penerima beasiswa yang tersebar di 89 PTN seluruh penjuru Nusantara. Tahun ini merupakan penyelenggaraan GenBI Leadership Camp untuk yang ketiga kalinya sejak 2015.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA