Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Sunday, 21 Ramadhan 1440 / 26 May 2019

Butuh Uang Pecahan? Tukar Saja di Mobil Kas Keliling BI

Senin 05 Jun 2017 12:24 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Dwi Murdaningsih

Warga memperlihatkan lembaran uang baru yang baru ditukarnya di kas keliling, Di Pasar Baru, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Selasa (20/12).

Warga memperlihatkan lembaran uang baru yang baru ditukarnya di kas keliling, Di Pasar Baru, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Selasa (20/12).

Foto: Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Jawa Barat resmi meluncurkan mobil kas keliling, Senin (5/6). Mobil kas keliling ini merupakan layanan yang disiapkan BI Jawa Barat untuk mempermudah masyarakat menukarkan uang pecahan dalam rangka bulan suci Ramadhan dan Lebaran 2017.

Layanan mobil kas keliling ini diresmikan di Monumen Perjuangan Rakyat, Kota Bandung oleh Kepala KPw BI Jawa Barat Wiwiek Sisto Widayat. Bersama perwakilan perbankan lainnya.

Wiwiek mengatakan BI telah bekerjasama dengan 13 perbankan di seluruh Jawa Barat untuk memfasilitasi penukaran uang pecahan berbagai jenis. Mobil kas keliling ini menjadi salah satu upaya mempermudah masyarakat menukarkan uang.

BI Jabar Siapkan Uang Pecahan Rp 16,7 Triliun untuk Lebaran

"Kegiatan kas terpadu ini salah satu upaya Bank Indonesia dan perbankan di Jawa Barat untuk memberikan service excelent kepada masyarakat yang membutuhkan uang rupiah," kata Wiwiek kepada wartawan.

Ia menuturkan layanan mobil kas keliling ini akan dijadwalkan menyasar ke tempat-tempat keramaian. Seperti pusat kota dan pasar-pasar tradisional.

Ia menyebutkan ada sekitar 13 pasar di seluruh Jawa Barat yang akan dibuka layanan kas keliling. Baik dari Bank Indonesia serta lembaga perbankan lainnya.

"Selain itu kami juga akan ikut serta kalau ada institusi atau pemerintah daerah yang akan melakukan bazzar atau pasar murah kami juga akan ikut menyediakan layanan kas keliling penukaran uang," ujarnya.

Masyarakat, katanya, tinggal mendatangi lokasi kas keliling dengan membawa uang yang hendak ditukarkan. Layanan ini juga gratis tanpa dipungut biaya berapapun pecahan yang akan ditukar.

Ia pun menegaskan masyarakat juga bisa menukarkan uang lusuh untuk diganti dengan uang layak edar. Hal ini juga merupakan bagian dari upaya Bank Indonesia mendistribusikan uang layak edar kepada masyarakat.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA