Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Saturday, 20 Ramadhan 1440 / 25 May 2019

Semen Padang Salurkan Beasiswa untuk 1.097 Penerima

Rabu 19 Dec 2018 18:17 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Gita Amanda

Beasiswa diberikan dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. (ilustrasi)

Beasiswa diberikan dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. (ilustrasi)

Foto: www.kaltim.antaranews.com
Total beasiswa yang diserahkan kepada siswa tidak mampu sebesar Rp 644,6 juta.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Semen Padang dan anak perusahaan yang tergabung di bawah afiliasinya menyalurkan bantuan pendidikan semester II tahun ajaran 2017/2018 kepada 1.097 penerima. Beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan yang berasal dari keluarga tidak mampu. Kepala Biro CSR Semen Padang Muhammad Ikrar menyebutkan, total beasiswa yang diserahkan kali ini sebesar Rp 644,6 juta.

Ikrar menjelaskan program beasiswa sendiri sudah dilakukan Semen Padang secara kontinyu setiap tahun. Program ini tertuang dalam pertanggungjawaban sosial perusahaan. Untuk tingkat SD, penerima beasiswa menerima bantuan sebesar Rp 400 ribu, untuk tingkat SMP sebesar Rp 500 ribu, SMA sebesar Rp 750 ribu, dan untuk perguruan tinggi sebesar Rp 1 juta.

Ikrar menambahkan, penerima beasiswa dan bantuan pendidikan ini merupakan beasiswa berkelanjutan dengan fokus pada siswa berprestasi namun tidak mampu. Penerima beasiswa sendiri disyaratkan memiliki nilai rata-rata 8 untuk tingkat SD, SMP, dan SMA. Sedangkan untuk perguruan tinggi, minimal IPK 3.

"Untuk memenuhi peryaratan ini, kita bekerjasama dengan pihak sekolah dan perguruan tinggi. Beasiswa tersebut didistribusikan  PT Semen Padang di wilayah Kota Padang, Dumai, dan Lampung Selatan," jelas Ikrar, Rabu (19/12).

Untuk sumber dana sendiri, Ikrar mengungkapkan program beasiswa berasal dari sejumlah sumber pembiayaan. Misalnya, PT Semen Padang menyalurkan Rp 370,25 juta untuk 690 penerima, PT Pasoka Sumber Karya sebesar Rp 112,5 juta untuk 100 penerima, dan PT Yasiga Sarana Utama sebesar Rp 125 juta untuk 100 penerima, PT Radio Gema Karan Putih sebesar Rp 3,3 juta dan UPZ Semen Padang sebesar Rp 36,9 juta untuk 207 penerima.

Disamping itu, tahun ini CSR Semen Padang juga telah memberikan beasiswa untuk mahasiswa dari wilayah rin satu yang melanjutkan pendidikan di peruruan tinggi dengan grade A, yakni UGM, ITB, dan UI dengan program prestatif anak negeri. "Tahun ini sudah ada dua mahasiswa yang mengikuti program ini yakni di UGM dengan jurusan Farmasi dan di ITB dengan jurusan Teknik Elektro. Setiap bulannya kita memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp 1,5 juta untuk biaya hidup mereka. Syaratnya dengan IPK minimal 3," kata Ikrar.

Selain itu, pihaknya juga memberikan beasiswa kepada atlet berperestasi dengan nilai sesuai tingkat pendidikannya. Untuk atlet berprestasi, Semen Padang bekerja sama dengan FKKSP dalam penyeleksiannya. Beasiswa diberikan berdasarkan prestasi yang diraih atlet di lapangan dengan besaran sesuai dengan tingkat pendidikan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA