Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

In Picture: Mengembalikan Sumber Daya Alam Eks Kawasan Penambangan

Kamis 01 March 2018 18:37 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Mohamad Amin Madani

PT Semen Indonesia melakukan reklamasi dan memanfaatkan eks tambang tanah liat di sekitar lingkungan pabrik Tuban, menjadi danau yang bermanfaat bagi pertanian.

Foto: Republika/Bowo Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Aktivitas produksi PT Semen Gresik, di pabrik Tuban, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Provinsi Jawa Timur, terus didorong untuk menerapkan prinsip- prinsip ramah lingkungan. Hal ini dilakukan guna menjawab isu pemanasan global.

Selain mewujudkan pembangkit listrik yang memanfaatkan gas buang pabrik (WHRPG), industri semen di bawah holding PT Semen Indonesia ini juga mengembalikan manfaat sumber daya alam di sekitar lingkungan pabrik Tuban, seperti melakukan reklamasi dan memanfaatkan eks tambang tanah liat menjadi danau yang bermanfaat bagi pertanian. Total sudah ada 154 hektare lahan eks tambang batu kapur yang telah direklamasi.

Yang terbaru, dibangun Arboretum (kebun botani) Bukit Daun yang memiliki koleksi tanaman langka dan Bukit Herbal dengan koleksi beragam kekayaan tanaman obat Indonesia. Selain untuk mengembalikan fungsi hutan, keberadaan kebun botani kekayaan avifauna ini juga dapat dimanfaatkan sebagai wahana alternative wisata alam serta penelitian.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES