Jumat 22 Jul 2011 20:00 WIB

Google Berencana Fasilitasi UKM Indonesia

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Johar Arif
Eric Schmidt
Foto: digitaltrends.com
Eric Schmidt

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA--Google Inc berniat memfasilitasi bisnis usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia lewat program internet yang dimilikinya. Hal ini disampaikan oleh Chief Officer Executive (CEO) Google, Eric E. Schmidt, ketika ditemui dalam acara Regional Entrepreneurship Summit 2011, Nusa Dua, Bali, Jumat (22/7).

"Itu (memfasilitasi internet) adalah prioritas tertinggi kami. Jadi kami akan fokus di sana (UKM) karena Indonesia mempunyai potensi UKM yang sangat besar," ujar Schmidt.

Namun, ia menyatakan niatan tersebut masih terlalu dini untuk dibicarakan lebih mendalam. Pasalnya, langkah Google untuk meng-online-kan bisnis UKM di Indonesia masih sebatas pembicaraan awal. Tetapi, Schmidt menuturkan dirinya sudah menyampaikan niatnya tersebut kepada pemerintah Indonesia.

Keinginan Google memberdayakan UKM Indonesia lewat internet tersebut dibenarkan oleh Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu. "Potensi Indonesia luar biasa dari segi konsumsi maupun perusahaan yang bisa memanfaatkan adanya perusahaan seperti Google," papar Mari. "Kita harapkan secepatnya (Google masuk ke Indonesia). Tetapi kami harus berkoordinasi dan komunikasi (lebih dulu)," kata Mari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement