Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Jonan: Divestasi Saham Freeport Selesai Sebelum April

Selasa 06 Mar 2018 06:30 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Andi Nur Aminah

Menteri ESDM Ignasius Jonan

Menteri ESDM Ignasius Jonan

Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Pemerintah mengambil langkah untuk menjadi mayoritas di Freeport dengan dua cara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan pembahasan terkait divestasi 51 persen saham Freeport oleh Pemerintah akan selesai paling tidak pada April mendatang. Jonan menjelaskan pemerintah akhirnya mengambil langkah untuk menjadi mayoritas di Freeport dengan dua cara.

Jonan menjelaskan cara yang akan ditempuh oleh pemerintah, antara lain adalah mengambil participacing interest (PI) Rio Tinto sebesar 40 persen. Sedangkan sisanya pemerintah akan mengambil kepemilikan saham Freeport McMoran yang ada di Indocopper.

"Pak Presiden bilang paling tidak selesai sebelum April. Langkahnya kita ambil PI Rio Tinto dan kita ambil saham Freeport di Indocopper," ujar Jonan di Kantornya, Senin (5/3).

Jonan menjelaskan sebelum April ini perhitungan valuasi dan proses pengambilan PI serta pembelian saham Freeport McMoran di Indocopper akan selesai dilakuan. Jonan mengatakan, langkah selanjutnya adalah Kementerian ESDM mefinalisasi draft IUPK yang baru.

Jonan juga menjelaskan untuk menjadi mayoritas di Freeport Indonesia, pemerintah akan berusaha untuk membeli saham dengan harga yang sewajarnya. "Ya, kita akan membeli dengan harga wajar hingga kepemilikan saham pemerintah sampai 51 persen," ujar Jonan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA