Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

XL Modernisasi Jaringan

Selasa 17 February 2015 19:30 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Modernisasi jaringan XL

Modernisasi jaringan XL

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT XL Axiata Tbk melakukan modernisasi jaringan di area Bandung, Jawa Barat, untuk meningkatkan kualitas layanan, baik data, suara maupun layanan pesan singkat (SMS). Vice President XL Central Region, Bambang Parikesit mengatakan modernisasi itu sekaligus sebagai antisipasi terhadap terus meningkatkan akses pelanggan pada layanan data di mana pelanggan membutuhkan baik kecepatan maupun sinyal yang stabil.

"Terus melonjaknya volume trafik serta tuntutan kualitas layanan yang lebih baik mendorong XL untuk meningkatkan kualitas jaringan di area Bandung, Jawa Barat," kata dia, Selasa (17/2).

Proses modernisasi berlangsung pada 6 Februari 2015 hingga 31 Maret 2015, dimulai dari Kota Bandung berlanjut ke seluruh kabupaten kecamatan. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimisasi jaringan. Untuk penggantian perangkat dilakukan dengan melakukan modernisasi RBS (Radio Base Station) 2G eksisting lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya.

Pada modernisasi jaringan itu juga dilakukan penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu atau dikenal dengan istilah "Single RAN" sehingga menjadi lebih hemat tempat dan praktis dalam pengoperasiannya. Saat ini jumlah pelanggan XL di area Bandung sudah lebih dari 2,5 juta, yang ditopang oleh lebih dari 2000 BTS 2G/3G.

Jangkauan pelayanan XL sudah menjangkau seluruh area hingga kecamatan. Ke depan XL terus memperluas jaringannya untuk melayani lebih banyak lagi kebutuhan komunikasi masyarakat dan memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi di Bandung. Modernisasi serupa juga sudah dilakukan XL di sebagian area lain, baik di Jawa maupun pulau lain, seperti Sumatera.

 

Sumber : antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA