Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Kadin Fokus Genjot Investasi

Sabtu 26 Oct 2013 06:29 WIB

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Dewi Mardiani

Investasi (ilustrasi)

Investasi (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Widodo S. Jusuf

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia sedang memanfaatkan momentum investasi. Caranya dengan mengoptimalisasi investasi lokal, peningkatan ekspor dan pencetakan wirausahawan baru.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Investasi, Peter. F. Gontha mengatakan investasi masih bisa digenjot dengan berbagai cara. Kadin bersama pemerintah harus melakukan beberapa hal termasuk penambahan subsidi untuk pembangunan infrastruktur, penelitian, serta pengembangan investasi.

"Harus juga tersedia tenaga kerja yang berkualitas," ujarnya ketika membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gabungan Bidang Investasi dan Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Kadin, Jumat (25/10).

Peter melihat kompetensi  Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia perlu ditingkatkan. Apabila dibandingkan dengan Tiongkok dan India misalnya, Indonesia masih kekurangan tenaga ahli di berbagai bidang. Hal ini juga dibutuhkan untuk menyambut Asean Economic Community 2015 dimana seharusnya Indonesia tidak hanya sekedar menjadi pasar.

Saat ini Kadin melaporkan terjadi pertambahan investasi sebesar 33 persen. Dari pertumbuhan tersebut, hanya 18 persen investasi yang dilakukan pihak asing.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA