Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Saturday, 8 Zulqaidah 1439 / 21 July 2018

Maskapai Emirates Peringatkan Hoaks Berbagi Tiket Gratis

Ahad 14 January 2018 18:30 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Citra Listya Rini

Maskapai Emirates.

Maskapai Emirates.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID,  DUBAI -- Maskapai penerbangan Emirates memperingatkan masyarakat agar waspada pada berita hoaks mengatasnamakan mereka. Sebuah laman tidak valid mengatasnamakan Emirates menawarkan tiket gratis setelah orang menanggapi survei dengan 'ya atau tidak'.

Dilansir Khaleej Times, Ahad (14/1), Emirates mengeluarkan sebuah peringatan akan mengambil tindakan hukum terhadap pihak-pihak yang menyebarkan rumor tersebut.

"Kami memberikan dua tiket gratis kepada semua orang untuk merayakan ulang tahun ke-33 kami," begitu pernyataan laman yang menyebarkan hoaks tersebut.

Pesan tersebut diikuti oleh sebuah pertanyaan: "Menurut Anda apakah Emirates adalah yang terbaik?" Situs itu mengatakan ada 196 tiket tersisa.

Menanggapi tipuan tersebut, maskapai yang berbasis di Dubai tersebut menyatakan pihaknya menyarankan tidak mengunjungi situs web palsu semacam itu di media sosial. Apalagi yang meminta agar mereka ikut menyebarkan informasi itu.

"Emirates telah mengetahui situs-situs palsu yang mengaku menawarkan tiket pesawat gratis. Kami menyarankan siapa pun untuk tidak mengklik tautan apa pun atau berbagi tautan itu di media sosial," kata Emirates dalam pernyataan resminya pada Ahad.

Manajemen Emirates menyatakan sedang menyelidiki sumber penipuan dan akan mengambil tindakan hukum yang tepat terhadap para pelaku. Ini bukan pertama kalinya tipuan macam itu menjadi virus.

Website penipuan serupa juga telah melancarkan skema undian semacam itu di masa lalu. Mereka mengatasnamakan banyak perusahaan besar dan terkenal.

Tipuan semacam ini juga merata tersebar di berbagai negara. Umumnya situs meminta agar korban menyebarkan informasi tersebut di media sosial atau sejumlah kontak di ponselnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA