Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Tuesday, 4 Zulqaidah 1439 / 17 July 2018

Apple Akuisisi Perusahaan Aplikasi Asal Inggris

Selasa 12 December 2017 09:58 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya

Logo Apple.

Logo Apple.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Apple Inc telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi Shazam Entertainment Ltd yang merupakan perusahaan pengembangan aplikasi asal Inggris. Situs berita teknologi, TechCrunch menyebutkan, kesepakatan akuisisi ini bernilai 400 juta dolar AS.

Juru Bicara Apple Tom Neumayr mengatakan, kolaborasi Apple dan Shazam sangat cocok dengan layanan streaming Apple Music terutama dalam membantu pengguna menemukan lagu baru. Diketahui, Shazam memiliki aplikasi yang memungkinkan pengguna mengindentifikasi lagu dengan mengarahkan ponsel mereka ke sumber audio.

"Shazam digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia, di berbagai platoform, kami memiliki rencana menarik dan kami berharap dapat menggabungkannya dengan Shazam," ujar Neumayr dilansir Reuters, Selasa (12/12).

Apple tidak menjelaskan secara rinci mengenai rencana kerja sama tersebut. Meski sudah melakukan akuisisi, Apple tidak dapat melakukan perubahan besar terhadap Shazam sampai mendapatkan persetujuan regulator.

Layanan Apple Music memiliki 27 juta pengguna, sementara Spotify Ltd mempunyai 60 juta pengguna. Nantinya tim Shazam akan bergabung dengan tim Apple yang berada di Cupertino.

Shazam menyediakan aplikasi di perangkat berbasis Android, namun Appe tidak mengatakan apakah versi Android tersebut akan tetap tersedia. Diketahui, Shazam mengakhiri dukungannya untuk versi perangkat lunak yang berjalan di PC Windowa Microsoft Corp pada awal tahun ini.  Rahayu Subekti

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES