Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Thursday, 7 Syawwal 1439 / 21 June 2018

Cina Ingatkan AS Soal Ancaman Perang Dagang

Rabu 11 October 2017 15:01 WIB

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Nidia Zuraya

Bendera Cina-Amerika

Bendera Cina-Amerika

Foto: washingtonote

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Penyelidikan yang dilakukan Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terhadap hak paten Cina bisa memicu terjadinya perang dagang antara dua negara ekonomi terbesar di dunia tersebut.

"Kami sungguh bingung dan sangat prihatin terhadap penyelidikan tersebut," ujar wakil Kamar Dagang Internasional Cina Chen Zhou. Perang dagang dapat timbul atas keputusan pemerintah yang menjatuhkan hukuman sepihak terhadap Cina.

Pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari penyelidikan yang dilakukan oleh United States Trade Representative (USTR) tentang kebijakan dan praktik perdagangan di Cina untuk menentukan batasan diskiminatif kerja sama perdagangan. Penyelidikan yang dilakukan berdasarkan Undang-Undang Dagang nomor 301 tahun 1974 tentang perdagangan yang jarang digunakan, berisi mengenai kewenangan diberikan luas kepada pemerintah untuk mengenakan tarif barang asing.

Penyelidikan tersebut memicu ketegangan seperti ketika AS meminta Beijing bekerja sama mengambil peran dalam menampung ambisi nuklir Korea Utara.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES