Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Wednesday, 8 Safar 1440 / 17 October 2018

Perusahaan Investasi AS akan Luncurkan Dana untuk Mata Uang Digital

Rabu 08 Mar 2017 01:34 WIB

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo

Bitcoin

Bitcoin

REPUBLIKA.CO.ID,NEW YORK -- Perusahaan investasi Amerika Serikat (AS) berencana meluncurkan dana swasta untuk pertama kali. Rencananya dana itu akan difokuskan pada ethereum klasik dan platform blockchain.

Pendiri induk perusahaan Digital Currency Group Barry Silbert menjelaskan, ethereum klasik merupakan ketujuh mata uang digital terbesar dalam kapitalisasi pasar. Nilainya mencapai 126,6 juta dolar AS. Sedangkan platform blockchain dapat membuat aplikasi berbeda secara dramatis sehingga bisa meningkatkan transfer dan berbagi informasi.

Ethereum pun dibangun di atas beberapa prinsip dasar seperti desentralisasi dan kekekalan. Pada Senin, (6/3), ethereum klasik diperdagangkan senilai 1,42 dolar AS di bursa aset digital. "Sebagai investor yang lebih tertarik dalam mata uang digital sebagai kelas aset, kami juga tumbuh dengan kesulitan dalam membeli mata yang digital non-bitcoin," ujar Silbert, seperti dikutip Reuters, Selasa, (7/3).

Ia mengaku sangat senang karena telah meluncurkan dana untuk ethereum klasik. Menurutnya, dana klasik ethereum akan menjadi kepercayaan terbuka yang dapat meningkatkan jumlah modal tak terbatas.

Digital Currency Group sendiri akan memberikan modal sendiri, lalu menawarkannya kepada para investor terakreditasi. Nantinya, ini akan menjadi dana mata uang digital kedua untuk Grayscale yang sebelumnya meluncurkan Bitcoin Investmen Trust pada 2013.

Ethereum klasik sendiri telah memiliki sejarah. Ethereum merupakan perpecahan dari platform ethereum blockchain asli yang dibuat oleh programmer Rusia dan diluncurkan pada 2015.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA