Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Dalam Sehari, Miliarder Dunia Kehilangan Kekayaannya Rp 493 Triliun

Rabu 14 Sep 2016 10:31 WIB

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Nidia Zuraya

Ilustrasi: Aset

Ilustrasi: Aset

REPUBLIKA.CO.ID,  OMAHA -- Para miliarder dunia menderita kerugian hingga 37,3 miliar dolar AS atau sekitar Rp 493,367 triliun (dengan kurs Rp 13.227) dalam perdagangan di lantai bursa, Selasa (13/9). Penurunan jumlah kekayaan para miliarder dunia ini terjadi di tengah lesunya pasar ekuitas global yang mengakibat merosotnya harga saham dan obligasi. 

Harga minyak dunia yang jatuh setelah prediksi Badan Energi Internasional (IEA) juga menjadi penyebab terjadinya penurunan ini. IEA memperkirakan, jatuhnya harga minyak akan berlanjut hingga tahun depan.

Dilansir Bloomberg, Rabu (14/9), Warren Buffett kehilangan 1,4 miliar dolar AS dari kekayaan yang dimilikinya setelah harga saham Wells Fargo & Co turun 3,3 persen dalam perdagangan Selasa (13/9). Anjloknya harga saham Wells Fargo menyusul skandal pembobolan lebih dari dua juta rekening nasabah oleh karyawan bank tersebut.

Perusahaan investasi milik Buffet, Berkshire Hathaway Inc, yang merupakan pemegang saham terbesar Wells Fargo turun dua persen. Hal ini menyebabkan jumlah kekayaan Buffet mengalami penurunan. Miliarder Amerika Serikat berusia 86 tahun ini merupakan orang keempat terkaya di dunia dengan kekayaan bersih mencapai 65,8 miliar dolar AS.

Penurunan jumlah kekayaan tidak hanya dialami oleh Buffet saja. Bloomberg menyebutkan, orang kedua terkaya dunia yang merupakan pendiri Inditex SA Amancio Ortega memimpin daftar 400 orang terkaya dunia dengan penurunan kekayaan sebesar 3,3 miliar dolar AS sejak perdagangan di lantai bursa dimulai. 

Sementara Co founder Microsoft, Bill Gates, orang terkaya pertama di dunia dengan kekayaan 87,3 miliar dolar AS, dilaporkan telah kehilangan 2,4 miliar dolar AS. 

Sedangkan pendiri Amazon.com Inc, Jeff Bezos, yang merupakan orang terkaya ketiga dunia dengan kekayaan mencapai 66,2 miliar dolar AS, kehilangan 1,9 miliar dolar AS. Buffet yang tampaknya cukup beruntung karena ia hanya kehilangan kekayaan 1,6 miliar dolar AS.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA