Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Ramadhan Jadi Momentum Kick-off Sejumlah Program Baznas

Jumat 10 May 2019 21:17 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Agus Yulianto

(Kiri ke Kanan) Kepala Divisi Pendistribusian, Ahmad Fikri, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik, Ketua Panitia Nasional Program Ramadhan 1440 H Baznas, Romidi Karnawan, Kepala Divisi Pendayagunaan, Randi Swandaru dalam konferensi pers di Gedung Baznas, Jumat (10/5).

(Kiri ke Kanan) Kepala Divisi Pendistribusian, Ahmad Fikri, Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas, Irfan Syauqi Beik, Ketua Panitia Nasional Program Ramadhan 1440 H Baznas, Romidi Karnawan, Kepala Divisi Pendayagunaan, Randi Swandaru dalam konferensi pers di Gedung Baznas, Jumat (10/5).

Foto: Republika/Rahma Sulistya
Ada 18 program unggulan Baznas memanfaatkan bulan Ramadhan saat ini,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ramadhan bulan yang penuh berkah menjadi momentum bagi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), melakukan kick-off sejumlah program unggulan mereka. Dari 18 program Baznas, ini dibagi menjadi program yang khusus pendistribusian dan khusus pendayagunaan.

Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Irfan Sauqi Beik menyebutkan, program Baznas ini sebenarnya ada banyak dari penyaluran dan penghimpunan. Untuk pendistribusian dan pendayagunaan ini masuk pada penyaluran, dan ini diatur juga dalam undang-undang.

“Ramadhan sebagai momentum kick-off. Kalau kegiatan pendistribusian ini short term, kegiatan untuk memenuhi jangka pendek mustahik. Sementara kegiatan pendayagunaan ini long term, kegiatan untuk memberdayakan potensi mustahik sehingga kita harapkan bisa lebih mandiri,” ucap Irfan dalam konferensi pers yang dilakukan di Gedung Baznas, Jakarta Pusat, Jumat (10/5).

Pendistribusian ini sifatnya langsung selesai ketika pelaksanaan, sementara pendayagunaan ini sifatnya akan terus berjalan sampai selesai pada tujuan program itu sendiri.

Berikut adalah penjelasan program Baznas, agar para muzaki lebih yakin untuk menyalurkan donasi kepada Baznas. Untuk program dalam lingkup pendayagunaan, adalah:

1. Z Mart

Dibuatnya program ini akan menjadi warung mustahik yang memang bergerak di bidang ekonomi yang sifatnya retail. Untuk kick off Ramadhan ini, akan dibangun 100 Z Mart dan selama ini telah berhasil membuat 20 persen mustahik bertransformasi menjadi muzaki.

2. Mustahik Pengusaha

Program ini mengajak para mustahik untuk mau menjadi pengusaha dan berdaya.

3. Pelatihan Kewirausahaan UKM

Sama juga seperti program Mustahik Pengusaha, dalam program ini juga akan lebih mengasah kemampuan-kemampuan mustahik agar mereka bisa membuka ruang usaha mereka sendiri.

4. Aksi Sosial Mustahik Mikro

Berbagi bukan soal kaya atau miskin, tetapi soal ada atau tidaknya iman. Dalam program ini, Baznas mengajak para mustahik yang sudah mendapatkan pembinaan, agar bukan hanya menerima tapi harus punya semangat  juga.

5. Penyaluran Zakat Fitrah

Tahun ini, Baznas mengoptimalkan beras yang bersumber dari hasil binaan petani Baznas. Lokasi Lumbung Pangan Baznas yang memproduksi beras, akan digunakan dengan cara dibeli dan harga yang ditawarkan lebih menarik dari harga pasar.

6. Zakat Community Development (ZCD)

Merupakan penyaluran zakat yang dilakukan ke kampung-kampung khusus sembari menyiarkan zakat itu sendiri. Misalnya seperti di Kampung Bayan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dimana kawasan itu banyak ditemukan maksiat tapi Baznas mencoba masuk untuk memperbaiki kondisi kampung itu. Lalu ada juga di wilayah Kampung Melayu, Jakarta Timur, dan beberapa titik lain seperti di Bekasi, Jawa Barat.

7. Bazaar Mitra Usaha Mikro Finance

Program ini menjadi salah satu upaya Baznas dalam membantu mustahik memperkenalkan hasil usaha mereka. Entah itu hasil berupa pertanian, peternakan, industri rumahan, dan lain sebagainya.

8. Jambore Peternak Nusantara

Ini merupakan program konsolidasi para peternak, agar ada penguatan kapasitas dalam mempersiapkan Idul Adha. Nanti akan berkumpul peternak 16 kabupaten/kota dari 10 provinsi di Indonesia.

9. Sedekah Gulai Ramadhan

Program ini juga membantu para mustahik menyalurkan hasil ternaknya sembari berbagi, dengan cara membuat gulai dan diberikan kepada masyarakat.

Kemudian program dalam lingkup pendistribusian, adalah:

1. Masjid Cemerlang

Ini merupakan program bersih-bersih masjid, agar masyarakat bersemangat dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Sehingga masjid dapat digunakan sebagai tempat kegiatan seperti berbuka puasa bersama, tarawih, dan sebagainya. Ada beberapa masjid yang juga dicat ulang agar lebih nyaman.

2. Layanan Ketahanan Pangan

Program ini dilakukan di sekitar wilayah Jabodetabek, tentunya untuk memenuhi kebutuhan dasar para mustahik.

3. Hidangan Berkah Ramadhan

Program yang menyediakan konsumsi baik untuk berbuka puasa dan sahur, sehingga mereka yang sempat terhambat untuk menunaikan puasa, dibantu permudah untuk melaksanakan puasa.

4. Safari Dakwah Ramadhan

Program ini bertujuan untuk memperluas objek dakwah di bulan Ramadhan ini, bahkan hingga menyasar kelompok tertentu, seperti kelompok anak punk. Dalam program ini akan diberikan pembinaan kepada mereka, lalu siraman rohani, dan penguatan keagamaan.

5. Ramadhan Sehat Ceria

Merupakan program yang melibatkan Tim Rumah Sehat Baznas (RSB).

6. Pesantren Ramadhan

Program ini serupa juga seperti pesantren kilat yang dilakukan selama satu bulan penuh.

7. Wirausaha Muda Millenial

Merupakan program yang menyasar generasi muda dalam usia sekolah, yang akan didorong Baznas agar tergerak keinginannya untuk berwirausaha.

8. Paket Ramadhan Bahagia (PRB)

Merupakan bantuan paket kepda para mustahik, yang diantarkan langsung ke rumah mereka, dalam rangka untuk memuliakan mereka menyambut Idul Fitri.

9. Layanan Posko Mudik

Program ini juga akan dilakukan saat menjelang Idul Fitri, dimana ada tiga titik fokus layanan yakni bagian selatan di Jalur Nagrek, bagian utara di Brebes, dan bagian pusat Jakarta di Stasiun Senen.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA