Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Friday, 16 Zulqaidah 1440 / 19 July 2019

Cirebon Sosialisasikan Perwal Zakat

Jumat 12 Apr 2019 06:45 WIB

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko

Zakat

Zakat

Foto: Antara
Sosialisasi perwal zakat akan dilaksanakan ke setiap SKPD.

REPUBLIKA.CO.ID,CIREBON -- Pemkot Cirebon terus berupaya meningkatkan pengumpulan zakat profesi, infaq dan shodaqoh di kalangan Aparat Sipil Negara (ASN). Untuk itu, Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pengumpulan Zakat Profesi, Infaq dan Shodaqoh di Lingkungan Pemkot Cirebon pun terus disosialisasikan.

‘’Zakat profesi sangat bermanfaat. Dan ini bukti nyata Pemkot Cirebon peduli dengan kegiatan keagamaan sekaligus sosial,’’ kata Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi, dalam kegiatan Sosialisasi Perwal Nomor 8 tahun 2019, di Ruang Adipura Kencana, Kamis (11/4).

Baca Juga

Asep menyebutkan, ada sekitar 4.000 pegawai yang berpotensi membayar zakat di Kota Cirebon. Potensi tersebut berasal dari semua komponen ASN, termasuk pegawai sejumlah Perusahaan Daerah yang dimiliki Pemkot Cirebon.

Asep mengungkapkan, keberadaan zakat profesi dapat membantu Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Cirebon dalam mengumpulkan uang dari masyarakat. Dengan zakat yang terkumpul itu, maka tugas pemerintah dalam menangani berbagai permasalahan di masyarakat juga bisa terbantu.

Adapun kegiatan yang dilakukan BAZ Kota Cirebon di antaranya, bedah rumah, bantuan pendidikan, kesehatan dan bantuan sosial lainnya. Peran yang dilakukan BAZ pun akan lebih meningkat jika dana zakat yang terkumpul juga bertambah.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menjelaskan, sosialisasi mengenai perwal itu akan terus dilaksanakan secara simultan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan ke setiap SKPD agar pengumpulan zakat profesi lebih optimal.

‘’Pemkot Cirebon melalui BAZ mempermudah jalan para ASN agar menjalankan kewajiban agama,’’ tukas Agus.

Hal senada diungkapkan Ketua BAZ Kota Cirebon, M Taufik. Dia mengatakan, pemerintah melalui BAZ telah memfasilitas umat Islam untuk melaksanakan kewajiban membayar zakat.

s‘’Kami berharap, hal ini menjadi jalan ASN untuk melaksanakan kewajiban agama,’’ tandas Taufik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA